Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Persoalan (Langkah-Langkah Problem-Based Learning)

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Persoalan (Langkah-Langkah Problem-Based Learning)

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Persoalan (Langkah-Langkah Problem-Based Learning), kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel bimbel masuk ptn, Artikel Pembelajaran, Artikel Pembinaan, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Persoalan (Langkah-Langkah Problem-Based Learning)
link : Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Persoalan (Langkah-Langkah Problem-Based Learning)

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Persoalan (Langkah-Langkah Problem-Based Learning)

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (LANGKAH-LANGKAH PROBLEM-BASED LEARNING)

Sebelum membahasa Langkah-Langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (langkah-langkah Model Pembelajaran Problem-based Learning), berikut ini penjelsan siangkat wacana pengertian Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning). Pembelajaran Berbasis Masalah yakni pembelajaran yg memakai problem positif dalam kehidupan sehari-hari (otentik) yg bersifat terbuka (open-ended) utk diselesaikan oleh akseptor didik utk mengembangkan keterampilan berpikir, keterampilan menuntaskan masalah, keterampilan sosial, keterampilan utk berguru mandiri, dan membangun atau memperoleh pengetahuan baru. Pemilihan problem positif tersebut dilakukan atas pertimbangan kesesuaiannya dgn pencapaian kompetensi dasar.

Bagimana Langkah-Langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (langkah-langkah Problem-based Learning), Berikut ini penjelasan singkat terkait Langkah-Langkah penerepan Pembelajaran Berbasis Masalah (langkah-langkah Problem-based Learning). Menurut Arends (2012: 411), ada lima langkah penerapan PBM, yakni:
1. Orientasi terhadap problem  
Guru menyajikan problem positif kepada akseptor didik.
2. Organisasi berguru
Guru memfasilitasi akseptor didik utk memahami problem positif yg telah disajikan, yaitu mengidentifikasi apa yg mereka ketahui, apa yg perlu mereka ketahui, dan apa yg perlu dilakukan utk menuntaskan masalah. Peserta didik mengembangkan peran/tugas utk menuntaskan problem tersebut..

3. Penyelidikan individual maupun kelompok
Guru membimbing akseptor didik melaksanakan pengumpulan data/informasi (pengetahuan, konsep, teori) melalui banyak sekali macam cara utk menemukan banyak sekali alternatif penyelesaian masalah.
4. Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian problem
Guru membimbing akseptor didik utk memilih penyelesaian problem yg paling sempurna dari banyak sekali alternatif pemecahan problem yg akseptor didik temukan. Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah, contohnya dalam bentuk gagasan, model, bagan, atau Power Point slides
5. Analisis dan penilaian proses penyelesaian problem
Guru memfasilitasi akseptor didik utk melaksanakan refleksi atau penilaian terhadap proses penyelesaian problem yg dilakukan.. Mandiri (keberanian) , Intergritas (cinta kebenaran)


Berikut ini Langkah-Langkah penerepan Pembelajaran Berbasis Masalah (langkah-langkah Problem-based Learning) yg umum dilakukan, yakni:
1. Klarifikasi Permasalahan. Kegiatan yg termasuk langkah ini antara lain:
·          Guru menyajikan fenomena yg mengandung problem yg sesuai dgn kompetensi dasar atau indikator. Bentuknya dapat berupa gambar, teks, video, vignettes, fenomena riil, dan sebagainya.  
·          Peserta didik melaksanakan identifikasi terhadap fenomena yg ditampilkan guru utk menmukan problem dari fenomena yg ditampilkan.  
·          Peserta didik melaksanakan penjelasan terhadap problem yg ditemukan

2. Brainstorming. Kegiatan yg termasuk langkah ini antara lain:
·          Peserta didik mengidentifikasi problem dan melaksanakan brainstorming dgn fasilitasi guru  
·          Guru memfasilitasi Peserta didik utk mengklarifikasi fakta, konsep, mekanisme dan kaidah dari problem yg ditemukan.  
·          Peserta didik melaksanakan brainstorming dgn cara sharing information, penjelasan isu dan data wacana problem yg ada, melaksanakan peer learning dan berhubungan (working together)  
·          Peserta didik mendapat deskripsi dari masalah, apa saja yg perlu dipelajari utk menuntaskan masalah, deskripsi konsep yg sudah dan belum diketahui, menemukan penyebab masalah, dan menyusun rencana utk menuntaskan masalah.  
·          Peserta didik mengembangkan alternatif penyelesaian masalah
·          Peserta didik menyusun dan mengembangkan action plan utk penyelesaian masalah.

3. Pengumpulan Informasi dan Data. Kegiatan yg termasuk langkah ini antara lain:
·          Peserta didik melaksanakan acara pengumpulan data dan isu terkait dgn penyelesaian masalah, perpustakaan, web, dan banyak sekali sumber data yg lain serta melaksanakan observasi.  
·          Peserta didik secara berdikari mengolah hasil pengumpulan informasi/data utk dipergunakan sebagai solusi dalam menuntaskan masalah.

4. Berbagi Informasi dan Berdiskusi utk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah. Kegiatan yg termasuk langkah ini antara lain:
·          Peserta didik kembali melaksanakan brainstorming, penjelasan informasi, konsep dan data terkait dgn permasalahan yg ada dan menemukan solusinya, melaksanakan peer learning dan berhubungan (working together).  
·          Peserta didik merumuskan dan menetapkan solusi (pemecahan masalah).  
·          Peserta didik menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah

5, Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah. Kegiatan yg termasuk langkah ini antara lain:
·          Peserta didik mempresentasikan hasil brainstormingnya wacana solusi yg dikemukakan utk penyelesaian masalah.  
·          Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.  
·          Peserta didik mereviu, menganalisis, mengevaluasi dan refleksi terhadap pemecahan problem yg ditawarkan beserta reasoningnya dalam diskusi kelas.  
·          Peserta didik melaksanakan perbaikan menurut hasil diskusi

6. Refleksi, Kegiatan yg termasuk langkah ini antara lain:
·          Peserta didik mengemukakan ulasan terhadap pembelajaran yg dilakukan.  
·          Guru dan Peserta didik menunjukkan apresiasi atas partisipasi semua pihak.
·          Guru dan Peserta didik melaksanakan merefleksi atas bantuan setiap orang dalam proses pembelajaran.  
·          Guru dan Peserta didik merayakan.

Demikian info wacana Langkah-Langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Langkah-Langkah Model Pembelajaran Problem-Based Learning), supaya bermanfaat. Selamat berinovasi supaya sukses.






= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Persoalan (Langkah-Langkah Problem-Based Learning)

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Persoalan (Langkah-Langkah Problem-Based Learning) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Persoalan (Langkah-Langkah Problem-Based Learning) dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/12/langkah-langkah-pembelajaran-berbasis.html

0 Response to "Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Persoalan (Langkah-Langkah Problem-Based Learning)"

Posting Komentar