Latihan Soal Usbn Bahasa Indonesia Smp Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Latihan Soal Usbn Bahasa Indonesia Smp Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Latihan Soal Usbn Bahasa Indonesia Smp Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel bimbel masuk ptn, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, Artikel usbn-smp, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Latihan Soal Usbn Bahasa Indonesia Smp Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019
link : Latihan Soal Usbn Bahasa Indonesia Smp Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Latihan Soal Usbn Bahasa Indonesia Smp Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019

Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama MTS Kurikulum 2013 Tahun 2019


Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama MTS Kurikulum  LATIHAN SOAL USBN BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama MTS KURIKULUM 2019 TAHUN 2019

Berikut Contoh Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama MTS Kurikulum 2013 Tahun 2019 (Tahun Pejaran 2018/2019)Desain soall latihan ini sebagai hasil pembinaan menciptakan soall Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa digunakan utk sekedar menunjukkan persiapan berlatih mempelajari Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama MTS Kurikulum 2013 Tahun 2019 ala games.



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan tanggapan yg berdasarkan anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu tanggapan yg dianggap paling benar (masing-masing soall mempunyai bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan tanggapan sanggup dilihat pribadi pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1.  Perhatikan paragraf berikut!
Berdasarkan hasil penelitian, satu pohon jikalau dikonversi ke rupiah bisa menghasilkan oksigen senilai Rp 1.174.000,00 per hari. Tentu pohon-pohon yg ditebang secara asal-asalan akan menghipnotis ekosistem yg ada. Jika keseimbangan alam terganggu, dampaknya akan sangat dirasakan oleh manusia. Padahal fungsi pohon itu sendiri untuk menyerap air dan menyediakan oksigen secara gratis. Baygkan saja apabila kita harus membeli oksigen utk bernafas, berapa biaya yg kita keluarkan?
    Arti istilah dikonversi dalam paragraf tersebut ialah ….
A. dibentuk
B. ditukar
C. digunakan 
D. dihasilkan  

2. Bacalah paragraf berikut dgn saksama!


Hukum bersifat memaksa, adil dan tidak memandang latar belakang kasta, agama, harta, dan status sosial. Kini aturan dipertanyakan keberadaannya alasannya pada kenyataannya aturan tidak bisa tegak sebagai pedoman dalam masyarakat. Bahwa, sekarang aturan hanya menjadi pajangan formalitas dunia politik. Bukan hanya itu, aturan sekarang hanya berlaku utk masyarakat kalangan bawah tanpa status sosial.
     
Kalimat yg tidak sesuai dgn teks tersebut ialah ...
A. hukum memandang latar belakang status sosial
B. hukum jarang dibicarakan keberadaannya  
C. hukum bukan merupakan panjangan formalitas dunia politik   
D. hukum berlaku utk masyarakat kalangan bawah tanpa status sosial  


3. Bacalah teks berikut!
Hampir setiap orang Indonesia khususnya yg tinggal Jogja mengenal Malioboro. Malioboro sering disebut sebagai sentra wisata kota Jogja. Malioboro merupakan sebuah jalan yg ada di sentra kota Jogja. Meskipun hanya nama sebuah jalan, Malioboro mempunyai banyak makna dan daya tarik yg tinggi sehingga menciptakan sepanjang pinggir jalan Malioboro menjadi destinasi wisata pilihan para turis lokal ataupun mancanegara serta mempunyai sangat banyak arti kehidupan. 

  Kutipan teks deskripsi tersebut merupakan serpihan ....
A. deskripsi identifikasi 
B. deskripsi bagian
C. deskripsi penutup 
D. deskripsi penegasan 


4. Di bawah ini merupakan ciri kebahasaan teks ulasan yg memakai konjungsi penerang, ....
A. Novel ini banyak menunjukkan fatwa pada pembacanya, antara lain, bahwa kita harus bakir bergaul dgn orang lain. 
B. Lama-kelamaan Hasan cemburu alasannya kekerabatan Kartini dgn Anwar semakin dekat. 
C. Setelah pulang dari pasar, kemudian ia mencari Anwar.  
D. Nilai moral yg kedua ialah hendaknya kita mau memaafkan kesalaham orang lain yg sudah bertaubat.                       

5.  Bacalah kutipan teks eksposisi berkut!

Tahukah Anda apa saja hal-hal yg sanggup mengakibatkan pengeroposan tulang dan bagaimana cara mengatasinya? Pengeroposan tulang sampai sekarang masih menjadi persoalan tulang yg sering terjadi khususnya pada para manula.

    Paragraf di atas merupakan struktur eksposisi yaitu ….
A. pembahasan    
B.  keterangan
C.  kesimpulan
D.  pernyataan umum

Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan tanggapan yg berdasarkan anda benar..!!


6. Bacalah paragraf berikut!
Udara mengandung uap air. Pada suatu saat, air turun menjadi hujan. Hujan sangat diharapkan oleh insan dan makhluk lainnya. Manusia dan makhluk lainnya harus menghemat air.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. pada suatu dikala uap air akan turun menjadi hujan
B. manusia dan makhluk hidup lainnya saling membutuhkan
C. manusia dan makhluk hidup lainnya membutuhkan air
D. manusia dan makhluk hidup lainnya membutuhkan uap air


7.  Bacalah teks berikut!


Banyak di antara kita bertanya, “Apakah melihat matahari secara pribadi dikala gerhana matahari sanggup mengakibatkan buta?” Untuk menanggapi fenomena ini kita lebih mengetahuinya melalui ilmu sains. Dalam sains yg dimaksud gerhana matahari ialah sebuah fenomena posisi bumi, matahari, dan bulan sejajar berada dalam satu garis lurus. Pada dikala itu bulan akan melintas di antara bumi dan matahari sehingga cahaya matahari ke bumi akan terhalang oleh baygan bulan ketika fase total terjadi, bulan menutupi matahari alasannya matahari akan terlihat mirip menjulur dari pinggir serpihan yg ditutupi bulan. Dalam keadaan itu melihat matahari tidak menciptakan mata menjadi buta. Ini sesuai dgn pernyataan Thomas Djamaludin bahwa melihat gerhana matahari total secara pribadi mengakibatkan kebutaan merupakan mitos modern.

Simpulan isi teks tersebut ialah ...
A. Melihat matahari dikala gerhana matahari bisa mengakibatkan kebutaan  
B. Gerhana matahari merupakan fenomena alam ihwal sejajarnya bumi, matahari, dan bulan  
C. Ketika fase total gerhana, kemana matahari terlihat menjulur pada serpihan tertentu   
D. Melihat pribadi matahari dikala gerhana matahari tidak mengakibatkan kebutaan 


8.  Cermatilah kutipan teks tanggapan kritis berikut!



Saat ini banyak dewasa dan belum dewasa yg suka menonton anime. Anime itu sendiri ialah animasi khas Jepang yg biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yg menampilkan tokoh dalam banyak sekali macam lokasi dan cerita.
Sesuatu yg berlebihan niscaya juga menghasilkan dampak yg buruk, mirip halnya anime. Apabila seseorang terlalu banyak menghabiskan waktu mengurung diri di kamar utk menonton anime, hal itu akan mengganggu cara komunikasi kita dgn orang lain dan menciptakan kita antisosial.
Selain itu, orang-orang yg suka menonton anime akan melupakan bahwa tidur malam lebih penting daripada menonton anime. Para pelajar yg suka menonton anime biasanya juga akan lebih mementingkan anime daripada PR yg harus dikerjakan.

Simpulan pendapat penulis ihwal pro dan kontra menonton anime ialah …
A. Saat ini banyak anak muda yg menonton anime. 
B.  Menonton anime menciptakan seseorang lupa makan dan tidur. 
C.  Pelajar menganggap anime lebih penting daripada PR. 
D.  Menonton anime secara berlebihan akan berdampak jelek bagi seseorang 


9. Cermatilah kutipan teks berikut!

Pengembangbiakan tumbuhan sanggup dilakukan melalui pencangkokan. Selain gampang dilakukan, pencangkokan juga murah biayanya. Pencangkokan dilakukan utk mendapat keturunan yg lebih baik pada suatu flora sehingga pemanfaatannya terhadap flora tersebut lebih maksimal. Misalnya, pencangkokan flora mangga sanggup menghasilkan kualitas buah mangga yg lebih baik daripada mangga yg tidak dicangkok. Selain itu, hasil pencangkokan mempunyai masa tumbuh yg relatif lebih singkat.


Ringkasan isi teks tersebut ialah …
A. Pengembangbiakan tumbuhan sanggup dilakukan dgn mencangkok.
B. Pemanfaatan tumbuhan lebih maksimal dgn cara mencangkok. 
C. Pengembangbiakan tumbuhan dgn mencangkok memiliki banyak kelebihan.
D. Pengembangbiakan tumbuhan mangga lebih baik dgn mencangkok. 


10. Bacalah kedua teks berikut!

Teks 1
Kondisi kebersihan lingkungan di Perumahan Alam Permai sangat baik. Selokan terpelihara dgn baik dan tidak mampat. Tempat pembuangan sampah pun terorganisasi dgn baik. Setiap rumah mempunyai satu tempat sampah yg diletakkan di depan rumah. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga perumahan melaksanakan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan.

Teks 2
Perjalan kami dari Medan ke Parapat diawali dari iseng saja. Dimulai dari seorang mitra yg ingin meluapkan kegalauannya. Saya sendiri heran, kenapa mesti ke Parapat. Itu kan jauh dari Medan. Padahal bisa aja hang out ke kafe di sekitar Kota Medan, toh sama aja rasanya. Ternyata melepaskan rasa gundah di kafe dgn keindahan alam yg natural beda rasanya. Parapatlah tempat kealamian masih ada. Natural dan indah. Parapat merupakan pintu masuk ke Danau Toba. Tempat indah di Sumatra Utara.

  Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut ditunjukkan nomor  ….

Teks 1
Teks 2
1
efektif
tidak efektif
2
baku
tidak baku
3
mudah dipahami
berbelit belit
4
santai
resmi
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)



Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019  Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan tanggapan yg berdasarkan anda benar..!!

11. Perhatikan kalimat berikut!


Para murid-murid Sekolah Menengah Pertama Harapan antusias mengikuti sosialisasi UNBK

Penggunaan kata para dan menuju pada kalimat tersebut di atas salah alasannya ...
A. dianggap mubazir
B. bukan pada tempatnya  
C. tidak mempunyai makna
D. salah penempatan. 


12.  Bacalah teks berikut!
Teks 1
Kepulauan ini terletak di sebelah timur Pulau Biak, Papua.  Peta Nusantara hanya menggambarkan mirip kumpulan noktah-noktah hitam di bibir Samudra Pasifik. Meskipun demikian, kekayaan dan keindahan alam di sini masih tersembunyi, belum tergarap dgn maksimal. Masyarakatnya pun masih hidup dgn sederhana dari hasil alam yg mereka garap secara tradisional.
Teks 2
Di hutan hiduplah dua ekor kancil. Mereka bersama Kanca dan Manggut. Kedua kancil itu besaudara. Manggut ialah abang dari Kanca. Sebaliknya, kanca ialah adik dari Manggut. Walaupun bersaudara, sifat mereka sangatlah berbeda. Kanca rajin dan baik hati, sedangkan Manggut pemalas dan suka menjahili teman. Suatu hari, Manggut kelaparan. Namun, Manggut malas mencari makan. Akhirnya, Manggut mencuri masakan Kanca. Waktu Kanca bertanya kepada Manggut di mana makanannya, Manggut menjawab dicuri tikus.

              Perbedaan rujukan penyajian kedua teks tersebut ditunjukkan nomor ....

Teks 1
Teks 2
1
dgn dekskripsi alam
orientasi
2
deskripsi manfaat alam
deskripsi manfaat tanaman
3
definisi umum
deskripsi paparan
4
eksposisi argumentatif
eksposisi deskriptif
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

13. Bacalah teks berikut!


(1) Sang Pemimpi merupakan novel kedua Andrea Hirata. (2) Novel ini mengisahkan masa-masa tokohnya merajut mimpi di Sekolah Menengan Atas dgn nuansa kenakalah khas remaja. (3) Andrea Hirata membawa kita pada kenyataan hidup yg harus dihadapi tokoh-tokohnya dan mimpi-mimpinya. (4) Andrea hampir berhasil membangkitkan obor semangat meraih mimpi Ikal, Arai, dan Jimbrom sampai mengantarkan mereka menuju Sorbonne. (5) Novel Sang Pemimpi sangat kaya dgn keindahan Bahasa yg dgnnya  setiap alur terdeskripsikan dgn sempurna. (6) Intelektualitas tinggi dan humor terjalin dgn memesona mengeksplorasi aksara para pelaku. (7) Novel ini sarat dgn rasa humanis tinggi orang remaja. (8) Nilai sosialnya juga sangat menonjol, mirip kesetiakawanan antara Ikal, Arai, dan Jimbrom. Tentu saja, dilengkapi dgn nilai agama yg kental dijalani oleh tokoh-tokohnya.

   Pernyataan yg merupakan keunggulan novel terdapat pada serpihan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5) 
D. (5) dan (6) 


14. Bacalah teks berikut!
Meskipun kedua burung itu bersahabat, mereka memilliki tabiat  yg sangat berbeda. Merak selalu kelihatan rapi, sedangkan gagak tampak begitu jorok. Gagak jarang membersihkan badan dan makan apa saja. Merak rajin sekali membersihkan badan dan hanya makan buah dan sayur segar. Merak selalu menjaga kebersihan sarangnya. Berbeda dgn merak, gagak tak peduli dgn sarangnya yg penuh dgn sampah.
Makna kata yg bergaris bawah pada teks di atas ialah ....
A. tingkah laku   
B. cara makan 
C. cara berjalan
D. cara menjaga kebersihan


15. Bacalah kutipan cerpen berikut!
“Mamaaaaa!!!!” teriak Sasa.
“Ada apa, Sasa? Kok teriak-teriak begitu kayak di hutan saja,” tanya mama.
“Ini nih, Ma. Lihat!! Masak bajunya gak muat, mana besok harus tiba ke pesta ulang tahun Reno.”
“Ya sudah, pakai yg lain saja atau mau pakai punya mama?” kata mama sambil tersenyum.
Sasa hanya bisa mengernyitkan dahinya dan mendengus kesal.

Makna tersurat dari kutipan cerpen di atas ialah ….
A. Sasa kesal alasannya diejek oleh mamanya.
B. Sasa tidak memiliki baju utk ke pesta ulang tahun Reno.
C. Mama memilihkan baju utk Sasa
D. Sasa sedang mempersiapkan baju yg akan digunakan dikala pesta ulang tahun Reno

16. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Si Rusa tiba-tiba murka mendengar tanggapan Si Kura-kura. “Jangan berlagak engkau, hei kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!”

Si Kura-kura berusaha menjelaskan, namun Si Rusa tetap marah. Bahkan, Si Rusa mengancam akan menginjak badan Si Kura-kura. Si Kura-kura yg jengkel akhirnya menantang utk mengadu kekuatan betis kaki.

       Penggalan cerpen tersebut termasuk pada bagian...
A. orientasi
B. resolusi
C. komplikasi
D. koda

17. Perhatikan kutipan cerpen di bawah ini!


Namanya Dion Ramadion. Ia tetanggaku semenjak saya lahir. Rumah kami hanya dibatasi sebuah tembok. Aku dan Dion bersekolah di tempat yg sama, bahkan di kelas yg sama.  Dion tidak punya saudara. Ayah ibunya bekerja di luar kota. Dion tinggal bersama abang sepupunya yg masih kuliah. Ia sering sendirian di rumah. Kalau mau bermain, Dion niscaya ke rumahku.

Penggalan teks cerpen di atas termasuk ke dalam struktur ....
A. orientasi
B. komplikasi
C. resolusi 
D. A.  simpulan


18. Cermatilah kutipan cerpen berikut!

Masjid Almakmur tampaknya ditakdirkan utk orang-orang pensiunan. Tidak banyak memang, lebih kurang dua puluhan utk jamaah harian laki-laki. Jamaah perempuan lebih kurang sama alasannya sebagian besar ikut suami ke masjid. Oleh alasannya itu, Wen hafal betul wajah-wajah harian jamaah Masjid Almakmur.

Gambaran dalam teks tersebut mempunyai makna simbol ….
A. masyarakat modern
B. masyarakat sosial 
C. masyarakat religius
D. keakraban antarsesama 

19. Bacalah teks berikut!


“Nis, maafin saya kalau ada salah” ucap Yola kepada Nisa di hadapan teman-temannya. Ia menguatkan diri menemui Nisa dan kawan-kawannya seorang diri.
“Hah? Sejak kapan Yola?” Nisa menatap Yola tidak percaya, begitu juga teman-teman lainnya.
“Yola gres belajar, Nisa. Maafin Yola kalau selama ini telah menciptakan Nisa sama teman-teman benci Yola,” bunyi parau Yola mengiang di indera pendengaran Nisa, terang sekali ia menahan air matanya yg sudah menunggu utk meluncur di pipinya.
Dalam hitungan sepersekian detik, Nisa memeluk Yola. Pelukan sahabat yg sudah usang ia tidak rasakan. Ia peluk sekuat-kuatnya sambil menangis. Mutia, Zsazsa, Tasya, dan Aisyah juga ikut memeluk badan Yola. Siapa yg tidak rindu dgn pelukan sahabat yg hangat?
Lia dan Fajar yg memperhatikan mereka dari balik dinding tersenyum bangga. Apalagi Fajar bisa menciptakan Yola tersenyum lagi. “Misi kita selesai Lia,” desisnya, Lia membalasnya dgn senyum. Hari itu juga, mereka bersahabat dgn baik kembali.

(Fitrah karya Zhilan Zhalila)

Simpulan isi kutipan cerpen tersebut ialah .. 
A. Memberi maaf merupakan perbuatan mulia 
B. Fitrah sanggup memecah belah persahabatan
C. Setiap orang merindukan persahabatan sejati  
D. Hubungan persahabatan sanggup dipulihkan kembali 

20. Perhatikan kutipan cerpen berikut!

“Saya pas masuk dapur waktu itu, kelihatan sekelebatan orang keluar dari pintu samping. Saya tidak terlalu memperhatikan alasannya banyak tumbuhan yg ada disekitar itu. Waktu mau balik ke depan, tiba-tiba ada perasaan tidak enak. Lalu saya ke garasi. Ada Parmin di situ yg kelihatan keluar. Saya tanya, “mau kemana Min?” saya kaget alasannya Parmin tiba-tiba gugup melihat saya “mau pulang” katanya. Saya bilang “nanti saja, bantuin beres-beres” beliau memang batal pulang dan beliau sangat kecewa. Tidak gomong apa-apa selain nunduk dan naroh sepedanya lagi.    

Sebab terjadi konflik pada kutipan cerpen tersebut ialah ....
A. Tokoh saya berpura-pura sambil mengintip gerak-gerik Parmin
B. Tokoh saya  mencegah biar pulangnya nanti saja 
C. Parmin batal pulang dan tampaknya sangat kecewa.
D. Parmin tidak ngomong apa-apa selalu menunduk dan menaruh sepeda


Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (MTS) Kurikulum 2013Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan tanggapan yg berdasarkan anda benar..!!

21. Bacalah kutipan teks berikut!

Teks 1
Kali ini Karyamin tidak hanya tersenyum, melainkan tertawa keras-keras. Demikian keras sehingga mengundang seribu lebah masuk ke telinganya. Seribu lunang masuk ke matanya. Lambungnya yg kampong berguncang-guncang dan merapuhkan keseimbangan seluruh tubuhnya. Ketika melihat badan Karyamin jatuh terguling ke lembah, Pak Pamong berusaha menahannya. Sayg, gagal.

Teks 2
Suatu pagi yg indah dgn matahari yg cerah,  Pak Tua Rusa mengunjungi kediaman keluarga Pip si Tupai di sebuah desa. “Pagi, Ibu Tupai,” salam Pak Tua Rusa kepada Ibu Pip.  Kemarin, keponakanku mengunjungiku. Dia membawakan buah tangan yg cukup banyak. Aku ingin membaginya utk para sahabatku. Ini kacang kenari Istimewa utk keluargamu.”
     
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan teks di atas ditunjukkan nomor
     

Teks 1
Teks 2
1.
terdapat kata sandang
tidak terdapat kata sandang
2.
tidak terdapat kalimat pribadi
terdapat kalimat langsung
3.
kata-kata tidak baku
kata-kata baku
4.
dipengaruhi bahasa asing
dipengaruhi bahasa daerah

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

22. Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!


Cerpen I
“Wah, tinggi sekali ya, Kak?” Dayat tercengang. Tiba-tiba Dayat melihat burung besar berwarna kuning kecoklatan sedang terbang melayg di atas mereka.
“Kak lihat! Burung itu besar dan gagah ya?” Dayat yg suka dgn burung pribadi bersemangat.
“Bentuknya mirip burung garuda, lambang negara kita.”
“Itu burung elang jawa yg langka. Burung itu bahagia bersarang di pohon puspa alasannya tingginya,” Kak Wira kemudian menjelaskan.
Dayat pun terkagum-kagum menyaksikan burung elang jawa itu. Ia sekarang paham, mungkin inilah yg dimaksud aktivitas mengasyikkan oleh kakaknya.

(Menanam Pohon Puspa karya Tyas K.W.)
Cerpen II
“Kamu nanti berangkat jam berapa, Ami?” tanya nenek.
“Jam delapan, Nek. Setelah beres semuanya, saya mau bersiap-siap,” jawabku yg tengah menyiapkan obat pagi utk nenek.
“Kalau libur hati-hati ya. Apalagi di tengah kerumunan orang banyak, harus selalu jeli dan teliti. Jangan hanya bermain ponsel, sampai tidak tahu apa yg terjadi.”
“Iya, Nek. Aku niscaya berhati-hati. Terima kasih atas peringatannya.”
Akhir-akhir ini memang marak terjadi tindak kriminalitas justru di tempat-tempat umum. Mulai dari pembunuhan terhadap anak balita, penyerangan membabi buta terhadap petugas stasiun, sampai banyak tertangkapnya orang yg membawa senjata tajam dikala bepergian.

(Impianku karya Etih Nurhalimah)

   Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerpen tersebut ditunjukkan nomor....

Cerpen I
Cerpen II
1.
terdapat kata ganti orang ketiga
terdapat kata ganti orang pertama
2.
kata-kata yg digunakan lugas
banyak memakai kata kias
3.
menggunakan majas hiperbola
menggunakan majas metafora
4.
banyak memakai kalimat langsung
tidak memakai kalimat langsung

A. 1  
B. 2
C. 3
D. 4

23. .    Bacalah teks berikut!

(1) Rindu ialah persembahan novel Tere Liye di tahun 2014 yg betul-betul dirindukan. Rindu merupakan buku ke-20 karya pengarang produktif tersebut. (2) Novel ini ihwal perjalanan panjang jamaah haji Indonesia tahun 1938. Tentang kapal uap Blitar Holland. Tentang sejarah nusantara. Dan ihwal pertanyaan-pertanyaan seputar masa masa lalu, kebencian, takdir, cinta, dan kemunafikan. (3) Novel ini mempunyai alur alur kisah sangat menarik dan mengalir utk dibaca. Selain itu, menyajikan nuansa latar yg berbeda. Peristiwa yg terjadi di atas kapal mirip kapal uap yakni sebuah kampong. (4) Namun, dilihat dari sampulnya, Novel ini kurang menarik utk dilihat. Sampul tersebut tidak sebanding dgn isinya yg menarik utk dibaca.


Keunggulan novel tersebut ditandai nomor …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

24.  Perhatikan kalimat di bawah ini!


Seorang guru bukan hanya sekadar seorang pengajar yg hanya mentransfer ilmu pada siswanya, melainkan ia harus pula menjadi tauladan banyak sekali hal-hal yg positif baik dalam berpakaian, bersikap, dan berprilaku.

Ejaan yg perlu diperbaiki pada kata-kata yg bergaris bawah yg terdapat pada paragraf  tersebut  adalah ....
A. sekadar seharusnya sekedar
B. mentransfer seharusnya menransfer
C. tauladan seharusnya teladan 
D. positif seharusnya positip 

25. Cermati kalimat berikut!


Tubuhnya [...] terhadap penyakit cacar dikarenakan telah disuntik anticacar.

Istilah kesehatan yg tepat utk melengkapi kalimat tersebut ialah ....
A. erupsi
B.  infeksi
C. imun
D. steril
      
Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan tanggapan yg berdasarkan anda benar..!!

26. Perhatikan kalimat berikut!


Barmin memperdalam fatwa agamanya [...] imannya meningkat.

 Konjungsi yg tepat utk melengkapi kalimat tersebut ialah ....
A. dan   
B. utk
C. agar
D. kemudian

27.  Cermatilah kutipan teks mekanisme berikut!


Paspor ialah […] resmi yg dikeluarkan oleh pejabat yg berwenang dari suatu negara yg memuat identitas pemegangnya. Paspor berlaku utk melaksanakan perjalanan antarnegara.

Kata yg tepat utk melengkapi serpihan rumpang tersebut ialah ….\
A. surat
B. dokumen
C. keterangan 
D. buku.
                                                                        
28. Cermatilah paragraf berikut!


Ketertiban berlalu lintas di jalan raya menjadi tanggung jawab bersama antara pihak kepolisian dan pengguna jalan. Pengguna jalan mempunyai kewajiban mentaati peraturan kemudian lintas. Pengguna jalan dihentikan menerobos lampu merah dan rambu kemudian lintas. [...] Terhadap hal ini polisi berkewajiban memberi teguran atau hukuman kepada pengguna jalan yg melaksanakan pelanggaran.

       Kalimat yg tepat utk melengkapi paragraf tersebut ialah ...
A. Hal ini sanggup mencelakakan pengguna jalan yg lain.  
B. Bisa jadi pengguna jalan akan celaka
C. Pengguna jalan telah melanggar tata tertib berlalu lintas. 
D. Polisi mengawasi pelaku yg melanggar peraturan kemudian lintas.  


29. Perhatikan kalimat berikut!


Para pemusik-pemusik itu sudah berangkat menuju ke Senayan utk mengadakan pentas musik.
  
Perbaikan kesalahan penulisan kalimat tersebut di atas ialah ... 
A. Pemusik-pemusik itu sudah berangkat menuju ke Senayan utk mengadakan pentas musik.  
B. Para pemusik-pemusik itu sudah berangkat ke Senayan utk mengadakan pentas musik. 
C. Para pemusik itu sudah berangkat menuju ke Senayan utk mengadakan pentas musik. 
D. Para pemusik itu sudah berangkat ke Senayan utk mengadakan pentas musik. 

30. Cermatilah cerpen berikut!


Setelah mendengar pengumuman, keesokan pagi kemudian Ayah menemui Prajurit Gidal yg tingggal di rumah penduduk di tepi sungai.
“Kenapa kedatangan Ki Sanak tiba-tiba dan tanpa pemberitahuan alias tidak melapor kepada kami?’
Ha, ha, ha, ha! Yang berhak memerintah dan bertanya mestinya saya. Sayalah petugas yg sah. “ Jawab Prajurit Gidal.

Berikut ini yg merupakan perubahan teks obrolan cerpen menjadi teks narasi ialah …
A. Keesokan harinya, Ayah menemui Prajurit Gidal di rumah penduduk di tepian sungai. Ayah mempertanyakan mengapa Prajurit Gidal tiba tiba-tiba dan tidak melapor.
B. Keesokan harinya Ayah membentak dan memarahi Prajurit Gidal. Ayah mempertanyakan mengapa beliau tidak tidur di tengah desa. 
C. Ayah segera menemui Prajurit Gidal dan menawarinya utk tidur di rumah di dalam desa. 
D. Tanpa memedulikan siapa pun, Ayah menemui sendiri Prajurit Gidal di tepi sungai. Ayah memarahinya dan menanyakan kenapa beliau tidak tidur di pos ronda kampung saja.

Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan tanggapan yg berdasarkan anda benar..!!

31. Bacalah teks berikut!


(1) Proses perkembangan gawai di kalangan dewasa meningkat pesat. (2) Proses itu berkembang secara perlahan dan tidak disadari oleh mereka. (3) Bagi mereka gawai bukan hanya sebagai wahana atau media komunikasi, tetapi dijadikan sebagai ajang bergengsi utk selalu mengikuti tren gres dari maraknya gawai yg mengakibatkan sebagai gaya hidup. (4) Kesenjangan sosial terjadi di kalangan bawah, menengah, dan atas. (5) Dampak negatif kesenjangan sosial tersebut ialah menumbuhkan sifat malas, ketidakpuasan terhadap sesuatu, gampang putus asa, kecemburuan sosial, dan kriminalitas. (6) Untuk itu perlu adanya kontrol mengenai fungsi utama memakai gawai. (7) Gawai merupakan sebuah penemuan dari teknologi terbaru dgn fitur terbaru yg mempunyai fungsi mudah dan lebih berguna.

Kalimat tidak efektif pada teks tersebut ditandai nomor ...
A. (1) dan (2) 
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5) 
D. (6) dan (7) 


32. Perhatikan kalimat berikut!


 Kami selalu sarapan pagi biar supaya tidak sakit perut ketika berolahraga.

Perbaikan kalimat tidak efektif tersebut yg tepat adalah ...
A. Kami selalu sarapan pagi biar tidak sakit perut ketika berolahraga.
B. Kami selalu sarapan pagi supaya tidak sakit perut ketika berolahraga. 
C. Ketika berolahraga kami selalu sarapan biar tidak sakit perut.
D. Kami selalu sarapan biar tidak sakit perut ketika berolahraga. 

33.  Bacalah teks berikut!


Musim hujan atau ekspresi dominan berair ialah ekspresi dominan dgn ciri meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dibandingkan biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap. Musim hujan hanya dikenal di wilayah dgn iklim tropis. Secara teknis […], ekspresi dominan hujan dianggap mulai terjadi apabila curah hujan dalam tiga dasarian berturut-turut telah melebihi 100 mm per meter persegi per dasarian dan berlanjut terus. Apabila hal ini belum terpenuhi namun curah hujan telah tinggi kondisinya dianggap sebagai peralihan ekspresi dominan (pancaroba).


Kata/istilah yg tepat utk mengisi kalimat rumpang dalam paragraf tersebut ialah ….
A. astronomi
B. metereologi
C. geografi 
D. sosiologi
  
34. Cermati kalimat di bawah ini!


Akhir-akhir ini makin marak agresi bagi kaos caleg mendekati pemilu yg tinggal sebentar lagi. 

Bentuk kata yg bergaris bawah tersebut kurang tepat dan perlu diubah menjadi ….
A. bagi-bagi 
B. pembagian 
C. bagian
D. bagian-bagian

35.  Perhatikan teks di bawah ini!

Dalam materi uji nasional dan uji sekolah berstandar nasional SMP/MTs terdapat beberapa level kognitip, ada pengetahuan, pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Setiap ranah ada beberapa keterampilan yg harus siswa kuasai, yaitu mengidentivikasi, mengevaluasi, dan merepleksi.


    Penulisan kata yg bergaris bawah tersebut salah ejaan alasannya ....
A. menggunakan ejaan lama
B. pilihan kata tidak tepat
C. menggunakan bahasa sehari-hari
D. tidak memakai bahasa baku


Latihan Online Soal UN USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan tanggapan yg berdasarkan anda benar..!!

36. Cermati paragraf berikut!

Alasan kesalahan penggunaan tanda baca titik koma (;) pada paragraf tersebut ialah .…
A. mengikuti kata yg merupakan pernyataan diikuti pemerincian
B. digunakan utk memisahkan perincian yg satu dgn yg lain
C. dipakai utk menggantikan kata penghubung dan
D. memisahkan serpihan pada kalimat beragam setara

37. Cermati teks mekanisme berikut!


Anda sanggup menyaksikan gerhana matahari dgn kacamata gerhana. Jika tidak mempunyai kacamata gerhana, Anda bisa membuatnya. Berikut cara menciptakan kacamata gerhana.
(1)     Sediakan materi dan alat berupa kertas karton yg kuat, negatif film hitam-putih, cutter atau gunting, serta lem.
(2)     Buatlah rujukan kacamata dgn karton sesuai ukuran mata Anda kemudian potonglah.
(3)     Warnai rujukan dgn cat air tepat di tengah yg ditandai dgn garis putus-putus.
(4)     Lubangi karton yg sudah dibuat rujukan pada serpihan mata kiri dan kanan.
(5)     Potong negatif film sesuai ukuran lubang pada karton, kemudian rekatkan dgn lem pada lubang karton tersebut.
Selamat mencoba!

       Alasan ketidakpaduan teks mekanisme tersebut ialah ....
A. pernyataan umum tidak berafiliasi dgn langkah-langkah 
B. penutup tidak menggambarkan topik ihwal kacamata gerhana
C. kalimat ketiga pada teks tidak koheren dgn kalimat sebelum dan sesudahnya
D. langkah aktivitas dan epilog tidak berafiliasi langsung 


38. Cermati kalimat berikut!

Kesalahan penulisan terdapat pada kata bernomor....
A. (3) dan (4)
B. (1) dan (6)
C.  (2) dan (5)
D.(1) dan (4)


39. Bacalah kalimat berikut!


Ibu Nayla  Artini Direktur Utama PT Pradiptha meminta sekretarisnya utk membeli 100 paket alat tulis.

Penggunaan tanda baca yg tepat pada kalimat tersebut ialah ....
A. mencantumkan tanda hubung (-) setelah kata Artini dan alat 
B. mencantumkan tanda titik dua (:) setelah kata Pradiptha dan membeli
C. mencantumkan tanda koma (,) setelah kata Artini dan Pradiptha
D.mencantumkan tanda titik koma (;) setelah kata utama dan sekretarisnya.


40.    Cermati kalimat berikut!


Kemampuan negara dalam menguasai [...] informasi merupakan hal esensial.

Kata dgn ejaan yg tepat utk melengkapi kalimat tersebut ialah ....
A. tehnologi
B.  technologi  
C. tekhnologi
D. teknologi

Latihan Online Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan tanggapan yg berdasarkan anda benar..!!

41. Perhatikan !

Kartini Award ialah aktivitas tahunan organisasi yg dibuat semenjak dikala pada tahun1995, bagi para perempuan yg telah melaksanakan hal-hal inspiratif dalam kehidupannya.

Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut ialah . ... 
A. tidak sesuai kaidah, gunakan pilihan kata dgn kaidah bahasa lndonesia
B. pemborosan kata, kata semenjak dan dikala maknanya sama 
C. kata hal-hal tidak diharapkan alasannya menciptakan rancu kalimat tersebut
D. kata dalam tidak diharapkan sehingga sanggup dihilangkan  

42.  Cermati teks berikut!

(1) Dua langkah penting utk memastikan daya baca siswa jadi lebih baik.
(2) Pertaffia, merancang gerakan satu semester satu novel sebagai langkah awal pentradisian membaca.
(3) Menulis merupakan keterampilan berbahasa.
(4) Kedua, penciptaan model membaca produktif melalui peragaman teks bacaan utk bermacam-macam jenis teks dan pengenalan teks-teks bacaan yg multimedia.



Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut ialah alasannya kalimat nomor ....


A.  (1) tidak berkaitan dgn kalimat (2), (3), (4). 
B.  (2) tidak berkaitan dgn kalimat (1), (3), (4). 
C.  (3) tidak berkaitan dgn kalimat (1), (2), (4).
D.  (4) tidak berkaitan dgn kalimat (1), (2), (3). 

43. Cermati kalimat berikut! 

Kebun Raya Indrokilo  terletak di kampung Gunungsari, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah.


Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut ialah ...
A. kata kampung seharusnya Kampung 
B. kata Kelurahan seharusnya kelurahan 
C. kata Mojosongo seharusnya Mojo Songo
D. kata Kecamatan seharusnya kecamatan 


44. Cermati kalimat berikut!

"Sudahlah Cici, kami memaafkanmu?" kata Pusi dgn bijak.

Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut ialah ...
A. tanda koma (,)
B. tanda titik (.)
C. tanda tanya (?)
D. tanda petik (“...”)

45. Cermatilah kalimat berikut!

Hari ini saya membawa dua buku mata fatwa Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.


Penggunaan tanda baca yg tepat pada kalimat  tersebut ialah ….
A. Hari ini saya membawa dua buku mata ajaran, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
B. Hari ini saya membawa dua buku mata ajaran: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.  
C. Hari ini saya membawa dua buku mata fatwa Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.  
D. Hari ini saya membawa dua buku mata ajaran; Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.



Latihan Online Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (MTS) Kurikulum 2013 Tahun 2019 Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan tanggapan yg berdasarkan anda benar..!!



46. Cermati kalimat-kalimat berikut!

(1) Ayah membeli obat di Apotik Berkah.
(2) Kakak membaca Majalah Kartini.
(3) Adik sangat menyukai camilan manis bika Ambon.
(4) Olahraga jalan kaki sangat bermanfaat.


Penggunaan ejaan yg tepat pada kalimat tersebut ditandai dgn nomor ...
A. (1) 
B. (2)  
C. (3)
D. (4)

47. Cermati kalimat berikut!
  
Biar Ayah yg menjelaskan Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu.

Penggunaan tanda baca yg tepat pada kalimat tersebut ialah ...
A. "Biar Ayah yg menjelaskan, Bu,” ujar Pak Amir sambil menutup pintu.
B. "Biar Ayah yg menjelaskan, Bu?" ujar Pak Amir sambil menutup pintu.
C. "Biar Ayah yg menjelaskan, Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu.”
D. "Biar Ayah yg menjelaskan, Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu!"


48. Cermati kalimat berikut!

Dari rekahan tanah itulah air bercampur lumpur itu keluar kata AKP Sargiyata

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yg tepat ialah ...
A. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur Iumpur itu keluar kata AKP Sargiyata.”
B. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur Iumpur itu keluar kata AKP Sargiyata."
C. "Dari rekahan tanah itulah air bercampur lumpur itu keluar", kata AKP Sargiyata.
D. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur lumpur itu keluar,” kata AKP Sargiyata.


49. …. Uang itu tidak dijajankan semua. Ia menyisihkan sebagian utk ditabung. Kadang-kadang  uang  jajan  itu  ia  tabung  semuanya.  Meskipun  sedikit,  lama-lama tabungannya menjadi banyak.

Kalimat yg sesuai utk melengkapi awal paragraf di atas ialah ... 

A. Kita harus membiasakan diri menabung. 
B. Di sekolah Nadia hanya jajan Rp 500,00 saja. 
C. Menabung banyak manfaat utk kita. 
D. Setiap hari Nadia diberi uang jajan Rp 1.000,00 oleh Ibunya.



50. …. Cocok digunakan utk berekreasi. Udara di sana terasa sejuk. Jalan di pegunungan berliku-liku, biar kendaraan lebih gampang berjalan. Banyak pohon cemara di kanan dan kiri jalan, menambah indahnya kawasan pegunungan.

Kalimat yg tepat utk melengkapi paragraf tersebut ialah ….
A. Kemarin saya ke gunung.
B. Di pegunungan banyak pohon-pohon.
C. Daerah pegunungan memang sangat indah. 
D. Keluargaku bahagia bertamasya ke kawasan pegunungan.


PENASARAN MAU COBA LAGI (DISINI)


Demikian conto sederhana latihan online Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama MTS Kurikulum 2013 Tahun 2019. Terima Kasih Semoga bermanfaat. 
====================================




= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Latihan Soal Usbn Bahasa Indonesia Smp Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Latihan Soal Usbn Bahasa Indonesia Smp Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Latihan Soal Usbn Bahasa Indonesia Smp Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/12/latihan-soal-usbn-bahasa-indonesia-smp.html

0 Response to "Latihan Soal Usbn Bahasa Indonesia Smp Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019"

Posting Komentar