Latihan Soal Usbn Ipa Smp - Mts Kurikulum 2006 (Ktsp) Tahun 2019

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Latihan Soal Usbn Ipa Smp - Mts Kurikulum 2006 (Ktsp) Tahun 2019

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Latihan Soal Usbn Ipa Smp - Mts Kurikulum 2006 (Ktsp) Tahun 2019, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel bimbel masuk ptn, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, Artikel usbn-smp, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Latihan Soal Usbn Ipa Smp - Mts Kurikulum 2006 (Ktsp) Tahun 2019
link : Latihan Soal Usbn Ipa Smp - Mts Kurikulum 2006 (Ktsp) Tahun 2019

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Latihan Soal Usbn Ipa Smp - Mts Kurikulum 2006 (Ktsp) Tahun 2019


Latihan Online Soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama - MTS Kurikulum 2006  (KTSP) Tahun 2019


Berikut Contoh Latihan Online Soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2006 (KTSP) Tahun 2019 tahun fatwa 2018/2019. Desain soall latihan ini sebagai hasil training menciptakan soall Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa dipakai utk sekedar memperlihatkan persiapan berlatih mempelajari soall USBN IPA Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2006 - KTSP ala games. 



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada balasan yg berdasarkan anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu balasan yg dianggap paling benar (masing-masing soall mempunyai bobot 1); Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan option pilihan jawaban.
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan balasan sanggup dilihat eksklusif pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1. Perhatikan gambar di bawah ini!




Fauzan melaksanakan pengukuran sebuah benda memakai jangka sorong menyerupai pada gambar di atas. Hasil pengukurannya ialah ....
A. 1,165 cm
B. 1,65 cm
C. 2,40 cm
D. 2,65 cm


2. Perhatikan tabel di bawah ini!
No
Besaran
Satuan
Alat ukur
1
Panjang
centimeter
Mistar
2
Massa
gram
Neraca
3
Kuat arus listrik
ampere
Amperemeter
4
Suhu
kelvin
Termometer
Berdasarkan data di atas, besaran pokok berdasarkan satuan SI dan alat ukur  yg benar ialah ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4 


3. Perhatikan conto perubahan pada zat!

Ketika es mencair, sifat fisika benda hasil perubahan dari es ialah ....
A. Bentuk dan volume tetap, alasannya ialah gerak antar partikel sangat terbatas dan gaya tarik antar partikel sangat kuat
B.  Bentuk dan volume berubah, alasannya ialah gerak antar partikel sangat bebas dan gaya tarik antar partikel sangat lemah
C. Bentuk berubah dan volume tetap, alasannya ialah gerak antar partikel sangat bebas terbatas, tetapi gaya tarik antar partikel cukup kuat
D. Bentuk tetap dan volume berubah, alasannya ialah gerak antar partikel sangat terbatas dan gaya tarik antar partikel sangat lemah


4. 1. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Kayu dipotong utk dibentuk almari
2) Susu diolah menjadi yoghurt
3) Ketan diberi ragi sehingga menjadi tape
4) Kertas dibakar menjadi abu
5) Beras digiling menjadi tepung
Perubahan kimia ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), dan (3) 
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (3), (4), dan (5)


5. Gambar di bawah ini membuktikan kondisi permukaan air di dalam gelas ukur pada kondisi sebelum dan sehabis kerikil dimasukan!
Berdasarkan gambar di atas. Berapakah volume kerikil ....
A. 1  dan  2
B. 1  dan  3
C. 2  dan  4
D. 3  dan  4

6. Perhatikan gambar berikut!



Metode pemisahan pada gambar sanggup dipakai utk ...
A. memisahkan sirup
B. memisahkan tinta
C. memurnikan cairan infus
D. memisahkan materi obat 

7. Perhatikan tabel berikut!
Larutan
Perubahan Kertas lakmus
K
Biru menjadi merah
L
Biru tetap biru
M
Merah menjadi biru
N
Merah tetap merah
Apabila larutan tersebut merupakan jenis minuman, larutan manakah yg sebaiknya diminum oleh penderita sakit maag?
A. K dan L
B. K dan M
C. L dan M
D. M dan N

8. Seorang anak meluncur maju di jalan menyerupai pada gambar berikut tanpa mengayuh pedal sepedanya. 



 Jenis gerak lurus berubah beraturan (GLBB) yg terjadi pada sepeda ketika  melalui lintasan ....

A – B
C – D
1
GLBB dipercepat
GLBB dipercepat
2
GLBB diperlambat
GLBB dipercepat
3
GLBB diperlambat
GLBB diperlambat
4
GLBB dipercepat
GLBB diperlambat


A. 1 
B. 2
C. 3 
D. 4 


9. Ketika pagi hari ayah menciptakan kopi terjadi kejadian menyerupai gambar di bawah ini.


Peristiwa gelas pecah terjadi karena ....
A. kalor jenis gelas bab dalam dan bab luarnya menjadi tidak seimbang
B. daya serap kalor oleh dinding gelas bab dalam lebih besar daripada bagian luarnya
C. dinding gelas bab dalam sudah memuai sedangkan dinding gelas bagian luar belum memuai
D. tekanan air panas dan tekanan udara pada dinding gelas bab luar tidak menjadi seimbang




Warning: Ini Cuma Latihan Online Soal USBN IPA SMP/MTs Kurikulum 2006 (KTSP) Tahun 2019. Cara menjawab silahkan Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yg berdasarkan anda benar..!!

10. Perhatikan gambar di bawah ini!
Berdasarkan gambar di atas, posisi bulan pada dikala terjadi gerhana matahari ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

11. Seorang sopir menarik kendaraan beroda empat yg mogok menyerupai pada gambar, sehingga kendaraan beroda empat tersebut berpindah sejauh 1.000 cm. 

Besarnya perjuangan yg dilakukan sopir tersebut adalah ....
A. 250 joule  
B. 1.000 joule
C. 2.500 joule
D. 250.000 joule

12. Dua ekor ikan berada dalam air menyerupai gambar (masssa jenis air = 1.000 kg/ m3 dan g = 10 m/s2)
Tekanan hidrostatis yg dialami ikan 1 sebesar 1000 N/m2 dan tekanan hidrostatis pada ikan 2 sebesar 6000 N/m2. Selisih kedalaman ikan 1 dgn ikan 2 ialah .....
A. 10 cm
B. 20 cm
C. 50 cm
D. 70 cm

13. Perhatikan grafik berikut!

Berdasarkan grafik, banyaknya kalor yg diharapkan oleh 5 kg air dalam proses dari C ke D (kalor jenis air = 4.200 J/kgoC) adalah ...
A. 210.000 Joule
B. 420.000 Joule
C. 21.000.000 Joule
D. 42.000.000 Joule


14. Suatu kerikil diangkat dgn memakai tuas, dgn gaya F sehingga seimbang menyerupai gambar.

Jika titik tumpu digeser 10 cm mendekati  F, hal yg harus dilakukan supaya tuas tetap dalam posisi seimbang ialah ....
A.gaya kuasa diperbesar menjadi 75 N 
B. beban ditambah sebesar 30 N  
C. menggeser kuasa (F) 50 cm menjauhi titik tumpu
D. menggeser kuasa (F) 60 cm menjauhi titik tumpu


15. Perhatikan gambar !
Jika koefisien  muai panjang logam tertera pada tabel

A. 2 dan 3
B. 1 dan 2
C. 1 dan 3
D. 2 dan 1


16. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Suara pantulan di dalam gua.
2) Bunyi bel terdengar oleh siswa.
3) Mendeteksi adanya bangkai kapal di dalam laut.
4) Bunyi pluit pelatih terdengar ikan lumba-lumba di dalam air.
Berdasarkan pernyataan di atas yg termasuk conto perambatan suara pada medium zat cair ialah ....
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)  
C. 3) dan 4)
D. 1) dan 4)

17. Perhatikan rangkaian berikut!


Jika kendala dalam sumber tegangan diabaikan, besar lengan berkuasa arus listrik yg melalui kendala R1 adalah ....
A. 0,25 A 
B. 0,50 A
C. 1,0 A 
D. 1,5 A

18. Perhatikan tabel besaran dari 2 buah transformator berikut.
No.
Transformator
Vp
Vs
Ip
Is
Np
Ns
a.
I
100 volt
150 volt
3 A
2 A
200 ℓ
300 ℓ
b.
II
250 volt
100 volt
2 A
5 A
750 ℓ
300 ℓ

Jenis transformator tersebut dgn alasannya yg benar ialah ....

Transformator
Jenis
Alasan
Transformator
Jenis
Alasan
1.
I
Step up
Vs > Vp
II
Step down
Np > Ns
2.
I
Step up
Ns < Np
II
Step down
Is > Ip
3.
II
Step up
Vp > Vs
I
Step down
Is < Ip
4.
II
Step up
Np > Ns
I
Step down
Vs > Vp

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

19. Batang besi CD didekatkan pada batang besi AB yg diberi lilitan kawat berarus listrik menyerupai gambar berikut.


Berdasarkan gambar tersebut sanggup disimpulkan bahwa ....
A. AB dan CD menjadi magnet permanen, A menjadi kutub U dan C menjadi kutub S
B. AB dan CD menjadi magnet sementara, A menjadi kutub U dan D menjadi kutub S
C. AB menjadi magnet permanen, CD menjadi magnet sementara, A menjadi kutub U, dan C menjadi kutub S
D. AB menjadi magnet sementara, CD menjadi magnet permanen, A menjadi kutub U dan D menjadi kutub S


20. Benda diletakkan di depan cermin menyerupai gambar.

Terbentuk baygan konkret dgn perbesaran 2 kali. Jika benda digeser 8 cm mendekati cermin, maka baygan yg terbentuk bersifat ....
A. nyata, berbalik, diperbesar
B. nyata, terbalik, sama besar
C. maya, tegak, diperbesar
D. maya, terbalik, sama besar


Warning: Ini Cuma Latihan Online Soal USBN IPA SMP/MTs Kurikulum 2006 (KTSP) Tahun 2019 atau Tahun fatwa 2018/2019. Cara menjawab silahkan Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yg berdasarkan anda benar..!!

21. Perhatikan gambar berikut!
       Pada gambar di atas diperlihatkan salah satu ciri makhluk hidup yaitu ...
A. berkembangbiak (reproduksi)
B. mengeluarkan zat-zat sisa (ekskresi)
C. peka terhadap rangsangan (iritabilita)
D. menyesuaikan diri terhadap lingkungannya (adaptasi)

22. 17. Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, makhluk hidup harus bisa melaksanakan adaptasi. Berikut ini disajikan beberapa conto adaptasi makhluk hidup:
1) ikan tawar menghasilkan urin yg encer,
2) ikan Paus memiliki alat gerak berupa sirip,
3) ikan mempunyai gurat sisi utk mengetahui perubahan tekanan air,
4) ikan mempunyai badan yg stream line sehingga memudahkan dalam berenang.
Dari conto-conto pembiasaan makhluk hidup di atas, conto manakah yang termasuk pembiasaan morfologi?
A. 1) dan 3)
B. 1) dan 4)
C. 2) dan 3)
D. 2) dan 4)

23. Seorang akseptor didik Sekolah Menengah Pertama Harapan Bangsa menemukan makhluk hidup yg mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1) bersifat saprofit,
2) berkembangbiak dgn spora,
3) tidak mempunyai akar, batang, dan daun,
4) tubuh terdiri atas benang-benang halus yg disebut hifa.
Berdasarkan ciri-cirinya, makhluk hidup yg ditemukan akseptor didik tersebut termasuk kelompok ....
A. alga
B. jamur
C. lumut
D. paku

24. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Malang menguji baku mutu Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di 50-60 perusahaan secara acak setiap tahunnya. Hasilnya memperlihatkan 20 persen perusahaan  dinilai tidak memenuhi standar baku mutu pengolahan limbah cairnya.  Hasil uji laboratorium air sungai di wilayah Singosari-Lawang serta Wagir–Pakis banyak yg tidak memenuhi chemical oxygen demand (COD) atau oksigen yg diharapkan dalam proses kimiawi.
Bagaimana kemungkinan kondisi organisme di wilayah tersebut?A. Sampah organik akan menumpuk alasannya ialah jumlah basil pengurai menurun
B. Zooplankton akan meningkat alasannya ialah jumlah ganggang meningkat.
C. Produsen tumbuh pesat alasannya ialah cukup mendapat oksigen
D.Jumlah basil pengurai tidak berubah alasannya ialah tidak memerlukan oksigen

25. Suatu flora mempunyai ciri-ciri berikut ini :
1) serbuk sari lengket,
2) mahkota bunga besar dan berwarna mencolok,
3) memiliki kelenjar nektar.
Berdasarkan data di atas, sanggup disimpulkan bahwa flora tersebut penyerbukkannya dibantu oleh ….
A. air
B. angin
C. serangga
D. manusia

26. Perhatikan bagan jaring-jaring masakan pada ekosistem darat di bawah ini!

Apa yg terjadi pada komponen penyusun ekosistem tersebut kalau populasi tikus menurun akhir petani melaksanakan pembasmian?
A. Populasi flora dan rubah meningkat.
B. Populasi flora dan burung elang meningkat.
C. Populasi flora meningkat dan katak menurun.
D. Populasi burung pemakan biji-bijian meningkat dan laba-laba menurun.

27. Perhatikan grafik imbas pertumbuhan penduduk terhadap tingkat polusi berikut!


Berdasarkan grafik di atas sanggup disimpulkan bahwa ....
A. semakin banyak jumlah penduduk semakin rendah tingkat polusi
B. semakin banyak jumlah penduduk semakin tinggi tingkat polusi
C. semakin sedikit jumlah penduduk semakin tinggi tingkat polusi
D. jumlah penduduk tidak mensugesti tingkat polusi

28. Perhatikan gambar rangka insan berikut!



Nama tulang yg ditandai dgn X ialah ....
A. tulang dada
B. tulang rusuk
C. tulang belikat
D. tulang selangka


29. Perhatikan gambar berikut  !

Dari gambar di samping, gerak yg ditunjukkan no 1 dan 2 secara berturut-turut ....
A. fototropisme dan seismonasti
B. kemotaksis dan geotropisme 
C. fototropisme dan geotropisme
D. kemotaksis dan seismonasti

30. Perhatikan gambar organ reproduksi pada perempuan berikut!

Fungsi bab X adalah ....
A. menangkap sel telur
B. menghasilkan sel telur
C. tempat terjadinya fertilisasi
D. tempat berkembangnya embrio


Warning: Ini Cuma Latihan Online Soal USBN IPA SMP/MTs kurikulum 2006 (KTSP) Tahun 2019. Cara menjawab silahkan Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yg berdasarkan anda benar..!!

31. Perhatikan tabel berikut!
Nomor
Enzim

Kode
Fungsi Enzim
1
Ptialin

a
Mengubah maltosa menjadi glukosa
2
Pepsin

b
Mengubah lemak menjadi asam lemak & gliserol
3
Amilase

c
Mengubah amilum menjadi maltosa
4
Tripsin

d
Mengubah protein menjadi pepton
5
Lipase

e
Mengubah pepton menjadi asam amino
Pasangan yg benar antara Nomor Enzim dan Kode Fungsi Enzim ialah ....
A. 1 à c dan 2 à d
B. 2 à e dan 3 à d
C. 3 à a dan 4 à b
D. 4 à c dan 5 à b

32. Perhatikan daftar ciri-ciri pembuluh darah berikut!
1) Tidak mempunyai katup.
2) Dindingnya terdiri dari 1 lapis sel.
3) Dindingnya kuat, tebal, dan elastis.
4) Darah hanya mengandung karbondioksida (CO2).
Pada daftar di atas, yg termasuk ciri-ciri pembuluh kapiler ialah ...
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 4)
D. 3) dan 4)

33. Kacang kapri berbatang tinggi (TT)  disilangkan dgn kacang kapri berbatang pendek (tt). Jika F1 disilangkan dgn sesamanya, maka kemungkinan F2 hasil persilangannya ialah …. 
A. tinggi 100% 
B. tinggi  :  pendek  =  75%  :  25%
C. tinggi  :  pendek  =  50%  :  50%
D. tinggi  :  pendek  =  25%  :  75%

34. Perhatikan gambar penampang batang di bawah ini:
Pada gambar di atas, bab yg berfungsi utk mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh bab badan flora ditunjukkan oleh nomor ....
A. 
B. 2
C. 3
D. 4


35. Di kabupaten Wonosobo hasil pertanian singkong melimpah, sehingga perlu sentuhan bioteknologi yg sempurna utk menghindari ketidakbermanfaatan dari singkong tersebut. Produk dari penerapan bioteknologi utk hasil pertanian tersebut ialah ....

A. tepung singkong
B. tape singkong
C. keripik singkong
D. kue singkong

36. Gerak bab flora akhir imbas lingkungan yg benar adalah….
A. sulur flora markisa bergerak menuju cahaya matahari
B. ujung batang bergerak menjauhi cahaya matahari
C. ujung akar bergerak berlawanan dgn sentra bumi
D. daun pohon turi mengatup pada malam hari

37. Perhatikan gambar
Saat  berfotosintesis, daun diperlakukan menyerupai gambar I,setelah berfotosintesis plester dibuka dan  diuji dgn lugol akibatnya menyerupai pada gambar II (b) . . Warna putih membuktikan bahwa ....
A. fotosintesis membutuhkan O2
B. fotosintesis membutuhkan lugol
C. fotosintesis membutuhkan cahaya matahari
D. fotosintesis menghasilkan amilum


38. Ririn mempunyai 8 kupu-kupu bersayap orange, 8 kumbang kelapa, 8 belalang sembah, dan 8 kepik. Keempat jenis binatang tersebut di lepaskan ke padang rumput. Dari keempat jenis binatang tersebut yg lolos dari seleksi alam adalah….
A. kupu-kupu bersayap orange
B. belalang sembah
C. kumbang kelapa
D. kepik


39. Tanaman kacang berbiji bundar (BB) disilangkan dgn tumbuhan kacang bebiji keriput (bb). Kemungkinan persentase fenotipe keturunan yg kedua adalah….
A. 100% kacang berbiji keriput
B. 100% kacang berbiji licin 
C. 25% kacang berbiji keriput
D. 50% kacang berbiji licin


40. Berikut ini beberapa conto makhluk hidup bersel satu
1. Spirulina
2. Escherial coli
3. Saccharomyces cereviceae        

Mikroorganisme yg sering dikembangkan sebagai protein sel tunggal adalah….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3  
D. 1, 2 dan 3


PENASARAN MAU COBA LAGI (COBA DISINI)


Demikian conto sederhana latihan online Soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019 atau Tahun Pelajaran 2018/2019. Terima Kasih. Mudah-mudahan laman ini bisa dipakai sebagai  sarana fatwa tambahan, sebagai sarana pembelajaran pengayaan maupun pembelajaran remedial. Semoga bermanfaat. 
=====================================



= Berikut ini Kumpulan Soal USBN Sekolah Menengah Pertama Lainnya =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Latihan Soal Usbn Ipa Smp - Mts Kurikulum 2006 (Ktsp) Tahun 2019

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Latihan Soal Usbn Ipa Smp - Mts Kurikulum 2006 (Ktsp) Tahun 2019 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Latihan Soal Usbn Ipa Smp - Mts Kurikulum 2006 (Ktsp) Tahun 2019 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/12/latihan-soal-usbn-ipa-smp-mts-kurikulum.html

0 Response to "Latihan Soal Usbn Ipa Smp - Mts Kurikulum 2006 (Ktsp) Tahun 2019"

Posting Komentar