Latihan Soal Usbn Ppkn (Pkn) Smp - Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Latihan Soal Usbn Ppkn (Pkn) Smp - Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Latihan Soal Usbn Ppkn (Pkn) Smp - Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel bimbel masuk ptn, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, Artikel usbn-smp, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Latihan Soal Usbn Ppkn (Pkn) Smp - Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019
link : Latihan Soal Usbn Ppkn (Pkn) Smp - Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Latihan Soal Usbn Ppkn (Pkn) Smp - Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019


Latihan Online USBN Sekolah Menengah Pertama PPKn Kurikulum 2013Tahun 2019

Desain soall latihan ini sebagai hasil training membuat soall Online melalui Blogspot LATIHAN SOAL USBN PPKN (PKN) Sekolah Menengah Pertama - MTS KURIKULUM 2019 TAHUN 2019

Berikut Contoh Soal USBN PPKn (PKn) Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Desain soall latihan ini sebagai hasil training membuat soall Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa dipakai utk sekedar memperlihatkan persiapan berlatih mempelajari soall USBN PPKn (PKn) Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 ala games. 



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada tanggapan yg berdasarkan anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu tanggapan yg dianggap paling benar (masing-masing soall mempunyai bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan tanggapan sanggup dilihat pribadi pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1. Perhatikan gagasan-gagasan mengenai dasar negara berikut!
(1) Peri kebangsaan    
(2) Kesejahteraan Rakyat
(3) Mufakat atau Demokrasi 
(4) Kebangsaan Indonesia 
(5) Kesejahteraan Sosial.
Gagasan yg dikemukakan oleh Mr. Moh.Yamin dalam proses perumusan dasar negara yaitu .....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (1) dan (5)

2. Perhatikan beberapa pernyataan berikut !
(1).Mengutamakan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme yg tinggi
(2).Adanya keinginan menjadi pemimpin bangsa yg di hormati
(3).Selalu bersemangat dalam memperjuangkan kepentingan kelompok
(4).Berupaya keras mewujudkan keinginan bangsa yg merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur
(5).Melaksanakan kiprah demi kepentingan negara tanpa mengesampingkan kepentingan pribadi
Komitmen yg dimiliki para tokoh dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara, ditunjukkan oleh pernyataan-pernyataan nomor ....
A. (1) dan (4)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

3. Perhatikan data berikut !
(1) Menetapkan Undang-Undang Dasar Negara  Republik Indonesia   Tahun 1945
(2) Memilih Presiden dan Wapres yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
(3) Memilih menteri-menteri negara
(4) Membentuk  sebuah Komite Nasional, untuk membantu Presiden
Hasil  Sidang PPKI tanggal  18  Agustus 1945 yaitu ....
A. (1) , (2) dan  (3)
B.  (1),  (2) dan  (4)  
C. (1) , (3) dan  (4)
D. (2) , (3) dan  (4)

4. Perhatikan pernyataan berikut ini !
No
Nilai-nilai  Pancasila
1
rela  berkorban  utk bangsa  dan Negara
2
suka  bekerja  keras
3
bangga  sebagai  bangsa  Indonesia
4
rasa  cinta  terhadap  tanah  air  Indonesia
5
memajukan pergaulan  demi  persatuan  dan  kesatuan  bangsa

Berdasarkan  tabel  di atas nilai-nilai  sila   Persatuan Indonesia, ditunjukkan  dgn  nomor ….
A. (1),  (2), (3)  dan  (5) 
B. (1),  (3), (4)  dan  (5)
C. (1), (2), (3)  dan  (4)
D. (2),  (3), (4)  dan  (5)

5. Setiap awal tahun di desa diadakan musyawarah rencana pembangunan desa (musrenbang), hal ini merupakan perwujudan pelaksanaan pancasila terutama sila ….          
A. kedua
B. ketiga
C. keempat
D. kelima

6. Perhatikan pernyataan berikut ini !
       No
Kesusilaan
No
Kesusilaan
1
dilarang merokok
4
dilarang berjiwa dengki
2
dilarang mencuri
5
dilarang berbohong
3
dilarang melaksanakan kekerasan
6
dilarang mabuk
Berdasarkan  tabel di atas yg termasuk pengertian Pancasila berbatu sendi yg lima pelaksanaan kesusilaan, ditunjukkan dgn nomor ….

A. (1),  (2), (3), (4)  dan  (5) 
B. (1),  (2), (4), (5)  dan  (6)
C. (1),  (3), (4), (5)   dan  (6)
D. (2),  (3), (4), (5)   dan  (6)

7. Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari segala tingkah laris dan perbuatan kita harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Perilaku yg mencerminkan penerapan sila kedua Pancasila dalam kehidupan masyarakat yaitu ....
A. membina kerukunan hidup antarsesama umat seagama
B. mengembangkan sikap saling menyayangi sesama manusia 
C. sanggup rela berkorban utk kepentingan bangsa dan negara
D. tidak memaksakan kehendak diri sendiri kepada orang lain

8. Perhatikan gambar  berikut ini !
Dinamika  penerapan  Pancasila   masa  Orde Lama  pada  Periode 1945-1949  adalah  pemberontakan  DI/TII  yg dipimpin  oleh tokoh  yg  ditunjukkan  dgn  nomor …
A. 1
B. 2
C. 3 
D. 4 

9. 3.   Perhatikan pernyataan berikut ini !

No
Pemberontakan
No
Pemberontakan
1
Darul Islam/TII
4
PRRI
2
Republik  Maluku Selatan
5
APRA
3
Partai  Komunis  Indonesia
6
Permesta





Berdasarkan   tabel  di atas  pemberontakan  yg  berupaya memecahkan  persatuan  dan  kesatuan   pada periode  1950-1959 ditunjukan  dgn  nomor ….
A. (1), (2)  dan  (3)
B. (1), (3)  dan  (5)
C. (2), (4)  dan   (5)
D. (2), (4)  dan  (6)

10. Perhatikan beberapa pernyataan berikut !
(1)    pemerintah  membubarkan  konstituante
(2)    presiden  diturunkan  dari  jabatannya
(3)    UUDS Tahun1950  dinyatakan  tidak  berlaku lagi
(4)    penaikan  harga  barang  kebutuhan
(5)       kembali  kepada Undang-Undang Dasar Tahun 1945
Dari  data  di atas  yg  merupakan isi  dari Dekrit  Presiden Tahun 1959  ditunjukkan  dgn         nomor ….
A. (1), (2)  dan (4
B. (1), (3)  dan (4)
C. (1), (3)  dan  (5)
D. (2), (3)  dan  (5)

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN PPKn (PKn) Sekolah Menengah Pertama / MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal USBN PPKN (PKn) SMP/MTS Kurikulum 2013, tetapi soall-soall latihan yg ibarat dgn soall-soall USBN PPKn (PKn) SMP/MTS berdasarkan Kisi-kisi Kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping tanggapan yg dianggap paling benar. Selamat berlatih!


11. Dalam suatu rapat terjadi perbedaan pendapat yg dipertahankan oleh masing-masing kelompok sebagai pendapat yg paling sempurna utk dijadikan keputusan dalam rapat sehingga rapat menemui jalan buntu. Dalam kondisi ibarat itu karenanya pemimpin rapat mengambil kebijakan keputusan rapat di tunda dan memanggil perwakilan dari masing-masing kelompok penerima rapat utk membahas permasalahan dalam rapat kecil. Sikap yg diambil pemimpin rapat ini sebagai bentuk perwujudan sila keempat Pancasila.

Berdasarkan ilustrasi tersebut memperlihatkan Pancasila sebagai pandangan hidup yg berfungsi ....

A. menunjukkan arah atau tujuan yg akan dicapai sesuai dgn cita-cita bangsa 
B. memberikan kemampuan utk menyaring pengaruh-pengaruh yg negatif
C. menunjukkan gagasan-gagasan mengenai wujud kehidupan yg dicita-citakan
D. menjadi pegangan dan pedoman dalam menuntaskan duduk kasus dan tantangan

12. Perhatikan Pernyataan di bawah ini !
     (1)  Sistem  pemikiran yg terbuka
     (2)  Nilai-nilai dan  cita-citanya  bukan  dari  luar
     (3)  Diciptakan  oleh  negara
     (4)  Dasar pembentukan ideologinya hasil  musyawarah
     (5)  Senantiasa berkembang  sesuai aspirasi Pemikiran
Dari data di atas ciri Pancasila  sebagai  ideologi terbuka  ditunjukkan dgn  nomor ….

A. (1), (2), (3)  dan (4) 
B. (1), (2), (4)  dan (5)
C. (1), (3), (4)  dan (5)
D. (2), (3), (4) dan (5)

13. Hukum  dasar   yg  dijadikan  pegangan  dalam  penyelenggaraan  suatu  negara  adalah...
A. konstitusi
B. konvensi
C. hukum 
D. undang- undang

14. Pokok pikiran pertama Pembukaan Undang-undang Dasar Tahun 1945 menyatakan bahwa Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dgn  berdasar  atas persatuan” Ini  mengandung  arti  bahwa …
A. setiap  warga  negara  wajib  mengutamakan  kepentingan  negara   dan mengabaikan  kepentingan  pribadi dan golongan.
B. kepentingan  pribadi  pejabat penyelenggara  negara harus di atas  kepentingan  negara  atau  golongan
C. setiap  warga  negara  wajib  mengutamakan  kepentingan  negara   di atas  kepentingan  golongan  atau  individu 
D. kepentingan  para pejabat penyelenggara  negara  di atas  kepentingan  negara  atau  golongan

15. Perhatikan  pernyataan  di  bawah ini  !
(1)    Dilihat  dari  tertib hukum  keduanya  antara Pembukaan  dgn  Pasal-pasal  UUD 1945 memilki  kedudukan  yg  berbeda
(2)    Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945  memilki  kedudukan yg  lebih  tinggi  dari  pasal-pasal
(3)    Pembukaan  Undang-Undang Dasar 1945 merupakan  pokok kaidah  negara  yg  fundamental (staats fundamental norm) bagi  negara Republik  Indonesia
(4)    Pembukaan  UUD  1945  boleh  dirubah sesuai  dgn  kepentingan  pemerintah
(5)    Pasal-pasal  mempunyai kedudukan yg lebih tinggi dari Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 
Pernyataan   yg  benar   ditunjukkan dgn  nomor  ....
A. (1),  (2)  dan  (3)
B. (1),  (3)  dan  (4)
C. (2),  (3)  dan  (4) 
D. (2),  (3)  dan  (5)

16. Perhatikan gambar di bawah ini!

Gambar  di  atas   merupakan  perwujudan dari  pokok  pikiran  Pembukaan  Undang- Undang  Dasar Tahun 1945 yg  ….
A. ke-1
B. ke-2
C. ke-3
D. ke-4

17. Negara Indonesia yaitu negara hukum. Hal ini tercantum  dalam Undang-Undang Dasar  Negara Republik Indonesia Tahun 1945  pada  pasal ....
A. 1 ayat (2 )
B. 1 ayat (3)
C. 2 ayat (1 )
D. 3 ayat (1)

18. Tata urutan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia disusun secara hierarkis. Makna hierarki peraturan perundangan yaitu peraturan yg ….
A. lebih rendah menjadi pertimbangan pembuatan peraturan diatasnya
B. baru disahkan mengesampingkan peraturan-peraturan yg lama
C. bersifat khusus mengesampingkan peraturan yg bersifat umum
D. lebih tinggi menjadi sumber dan dasar bagi peraturan dibawahnya

19. Berdasarkan  jenis  dan  tingkatan  peraturan perundang-undangan di Indonesia  sesuai  pasal 7 UU  Nomor 12  Tahun 2011, yg  paling  tinggi  adalah .... 
A. Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat
B. Undang-Undang Dasar  Tahun 1945
C. Peraturan Pemerintah
D.Peraturan Presiden

20. Perhatikan penggolongan aturan berikut !
(1).  Hukum Nasional
(2).  Hukum Kebiasaan
(3).  Hukum Internasional
(4).  Hukum Undang-Undang

Berdasarkan  pernyataan di atas, pembagian aturan berdasarkan sumbernya ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN PPKN (PKn) Sekolah Menengah Pertama / MTs berdasarkan Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal UN USBN PPKn (PKn) SMP/MTS kurikulum 2013, tetapi soall-soall latihan yg ibarat dgn soall-soall USBN PPKn (PKn) SMP/MTS kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping tanggapan yg dianggap paling benar. Selamat berlatih!


21.  Peraturan  yg  ditetapkan  oleh  Presiden  dalam hal  ikhwal kegentingan yg memaksa disebut  ....
A. Peraturan  Pemerintah
B. Keputusan  Presiden 
C. Peraturan  Presiden
D. Peraturan  Pemerintah Pengganti Undang-undang

22.  Perhatikan Pernyataan di bawah ini !
No
Uraian
No
Uraian
1
datang dan  pulang sekolah sempurna waktu
4
rajin membantu  orang  tua  bekerja
2
mengikuti upacara  bendera hari Senin
5
menggunakan  pakaian   seragam
3
selalu melaksanakan  tugas  piket 
6
menjaga  nama  baik  keluarga

Berdasarkan  tabel  di  atas  yg  termasuk  ketaatan  terhadap  perundang-undangan  yg berlaku  di  lingkungan  sekolah  ditunjukkan  dgn  nomor  ….

A. (1), (2), (3)  dan  (4)
B. (1), (2), (3), dan  (5)
C. (2), (3), (4)  dan  (5)
D. (3), (4), (5)  dan  (6)

23. Perhatikan gambar di bawah ini!

Pernyataan yg paling sempurna dari gambar tersebut yaitu ..

A. ketaatan warga masyarakat terhadap hukum
B. perlindungan pemerintah terhadap hukum
C. kesadaran masyarakat terhadap hukum
D. upaya yg berwajib dalam penegakkan hukum

24. Kedaulatan  rakyat  membawa  konsekuensi bahwa….

A. rakyat  sebagai  pemegang  kekuasaan tertinggi dalam  kehidupan  bermasyarakat  dan  bernegara
B. pemerintah  sebagai  pemegang  kekuasaan tertinggi dalam  kehidupan  bermasyarakat  dan  bernegara
C. legislatif   sebagai  pemegang  kekuasaan tertinggi  dalam  kehidupan  bermasyarakat  dan  bernegara.
D. eksekutif  sebagai  pemegang  kekuasaan tertinggi  dalam  kehidupan  bermasyarakat  dan  bernegara

25.  Perhatikan  pernyataan dalam alinea ketiga pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berikut ini : “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dgn didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yg bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dgn ini kemerdekaannya”  pernyataan tersebut mengandung makna ....
A. kemerdekaan Indonesia merupakan hasil usaha rakyat Indonesia dan atas kuasa Tuhan Yang Maha Esa
B. niat yg luhur dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa menjadi pendorong bangsa Indonesia utk terus berjuang melenyapkan bangsa penjajah
C. kemerdekaaan  tidak semata-mata yaitu hasil pertolongan dari pemerintah Jepang, tetapi juga atas kuasa dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa
D. kemerdekaan merupakan keinginan dan tekad sebagian pemimpin bangsa Indonesia utk mengakibatkan bangsa yg bebas merdeka

26. Indonesia menganut bentuk pemerintahan demokrasi dimana kedaulatan rakyat menjadi pilar dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pernyataan berikut ini yg merupakan makna dari kedaulatan rakyat yaitu ...

A. pemerintah wajib tunduk kepada rakyat
B. rakyat menjalankan pemerintahan secara langsung
C. rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam negara
D. pemerintahan di jalankan utk kepentingan wakil-wakil rakyat

27. Perhatikan  pernyataan  berikut  ini !
(1)       untuk  menghindari  konflik  kepentingan  dalam masyarakat  diperlukan  adanya norma atau aturan yang  dijadikan  pedoman  dalam  hidup
(2)        norma  atau  aturan  dibuat  utk menciptakan ketertiban  dan  kedamaian  dalam masyarakat
(3)       Seluruh  kelompok  masyarakat  pasti  memilki norma  atau  aturan  hidup  yg  sama
(4)       tiap  kelompok  masyarakat  mempunyai perbedaan corak budaya  dan  sifat masyarakatnya
(5)       norma yg dibuat oleh negara  berbentuk peraturan  tertulis sedangkan  norma  yg berkembang  di masyarakat  tidak  tertulis
Pernyataan  yg  memperlihatkan fungsi dan  keberadaan norma di lingkungan masyarakat ditunjukkan  dgn  nomor .....

A. (1), (2), (3)  dan (4)
B. (1), (3), (4)  dan (5)
C. (1), (2), (4)  dan (5)
D. (2), (3), (4)  dan (5)

28. Perhatikan tabel  di  bawah  ini !

1
politik  langgar domba
3
politik  etika
2
kerja paksa rodi
4
tanam  paksa

Berdasarkan  tabel di atas yg  merupakan  tindakan  kekejaman  bangsa Belanda yg membuat rakyat  Indonesia   menderita sehingga bangun menumbuhkan benih perlawanan di banyak sekali daerah  ditunjukkan  dgn  nomor …. 

A. (1), (2)  dan (3) 
B. (1), (2)  dan (4)
C. (1), (3)  dan (4)
D. (2), (3)  dan (4)

29. Rudi meminta ijin kepada orang tuanya hendak mengerjakan kiprah sekolah di rumah temannya, namun bahwasanya ia pergi utk bermain. Perbuatan Rudi ini telah melanggar norma kesusilaan.
Pernyataan yg memperlihatkan hukuman yg akan diterima Rudi yaitu ....
A. selama bermain hati Rudi merasa gembira
B. Rudi tidak di ijinkan pulang oleh orang tuanya 
C. timbul ketidakpercayaan orangtuanya  kepada Rudi 
D. ketika pulang Rudi menerima amarah dari tetangga rumahnya 

30. Sesi  pergerakan  perjuangan  bangsa  Indonesia yg  mulai  menyadari  kondisi  dan  potensi sebagai  suatu  bangsa  adalah  tahap  pembinaan  persatuan bangsa Indonesia  yaitu…..
A. perasaan  senasib 
B. proklamasi  kemerdekaan
C.sumpah  pemuda
D. kebangkitan  nasional 

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN PPKn (PKn) Sekolah Menengah Pertama / MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal USBN PPKn (PKn) SMP/MTS Kurikulum 2913, tetapi soall-soall latihan yg ibarat dgn soall-soall UN USBN PPKn (PKn) SMP/MTS Kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping tanggapan yg dianggap paling benar. Selamat berlatih!

31.Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia  lahir alasannya dipertegas  oleh  sikap  dan  komitmen  pemuda utk  bertanah air, berbangsa  dan berbahasa satu Indonesia  yg  diikrarkan  pada  tanggal….
A. 20 Mei 1908
B. 28 Oktober  1928
C. 28 November  1928
D. 28 Desember 1928

32. Perhatikan pernyataan  di  bawah  ini !
No
Nilai Luhur
No
Nilai Luhur
1
Nasionalisme
4
kedaerahan
2
Persatuan
5
individualisme
3
rela  berkorban
6
persaudaraan

Berdasarkan pernyataan  di  atas  nilai-nilai  luhur  yg  terkandung  dalam  Sumpah  Pemuda  1928  ditunjukkan  dgn nomor…....
A. (1), (2), (3)  dan (6) 
B. (1), (3), (4)  dan (6)
C. (1), (3), (4)  dan (6)
D. (2), (3), (4)  dan (5)

33. Persatuan dan Kesatuan harus selalu kita perkuat. Salah satu conto tindakan yg sanggup dilakukan utk memperkuat persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat adalah ....

A. membayar pajak sesuai dgn waktunya
B. melakukan kampanye anti bullying di Sekolah
C. mengadakan kegiatan pentas seni antar pelajar
D. membiasakan diri bertegur sapa dgn tetangga 

34. Kenyataan masyarakat Indonesia yg beragam dgn keanekaragaman suku, bahasa, agama, budpekerti dan kebudayaannya apabila terjalin dgn baik merupakan …
A. kekayaan dan keindahan bangsa
B. penghalang dalam pembangunan nasional
C. pemicu kerusuhan antar daerah
D. penyebab kemiskinan bangsa Indonesia

35.  Perhatikan  pernyataan berikut  ini !
(1)    menghormati  ajaran  agama  yg diyakini orang  lain
(2)    memaksa kepada  orang  lain  utk  meyakini ajaran  agama  yg kita  anut
(3)    melaksanakan   ajaran  agama   yg diyakininya  dgn  baik
(4)    mengembangkan  hidup  rukun  dan  toleran terhadap  orang yg  berbeda agama 
Bentuk  perilaku   kehidupan  yg  harus dikembangkan dalam  keberagaman agama diantaranya  diwujudkan  dalam  bentuk ....
A. (1),  (2)  dan  (3)
B. (1),  (2)  dan  (4)
C. (1),  (3)  dan  (4)
D. (2),  (3)  dan  (4)

36. Prinsip   yg  mengharuskan  kita  mengakui bahwa  bangsa  Indonesia   merupakan bangsa yg  terdiri  atas  banyak sekali  suku, bahasa, agama dan adat  kebiasaan  yg majemuk,  sehingga mewajibkan   kita  bersatu  sebagai  bangsa Indonesia. Dalam  hubungan   makna   persatuan Indonesia hal  ini  termasuk  prinsip ....

A. Bhineka  Tunggal  Ika
B. nasionalisme  Indonesia
C. wawasan  nusantara
D. mewujudkan  cita-cita  reformasi

37. Sering kita jumpai seseorang memperlihatkan gaya hidup mewah. Mereka menyukai barang mahal produksi luar negeri bahkan tak jarang mereka memamerkan koleksi barang glamor mereka di media sosial. Harga mahal bukan halangan bagi mereka utk membeli alasannya mempunyai barang bermerek dari luar negeri dirasa bisa meningkatkan kepercayaan diri dan eksistensi. Faktor penyebab lunturnya pujian terhadap produk dalam negeri yaitu ....
A. munculnya rasa iri sebagian masyarakat terhadap para publik figur
B. rendahnya kemampuan seseorang mengendalikan keinginannya
C. tingginya semangat utk memperlihatkan kekayaan pribadi
D. rendahnya semangat nasionalisme dan patriotisme di masyarakat


38. Dalam  pasal 30 Undang- undang  Dasar 1945 ditegaskan  bahwa  ikut  serta  dalam  usaha pertahanan  dan  keamanan  negara  itu merupakan hak  dan  kewajiban …
A. pemerintah
B. TNI
C. warga  negara
D. POLRI


39. Potensi ancaman dari dalam negeri yg dihadapi Negara Kesatuan  Republik Indonesia  diantaranya yaitu .....
A. adanya  potensi disintegrasi  bangsa
B. masuknya   ideologi   liberalisme  dan komunisme
C. campur  tangan  bangsa  lain  terhadap urusan   dalam negeri  Indonesia
D.menjamurnya   investasi  asing  dan perusahaan  asing  di Indonesia


40. Perhatikan   pernyataan  berikut  ini !
(1)  melaksanakan  upacara  bendera  di sekolah secara  khidmat
(2)  menghayati  dan  memahami  makna  lagu-lagu  perjuangan
(3)  memelihara  kerukunan  dgn  tetangga di  lingkungan  masing-masing
(4)  membaca  buku-buku  yg  bertemakan perjuangan  di  perpustakaan
Contoh perilaku  nilai-nilai  patriotisme di lingkungan sekolah ditunjukkan dgn nomor....
A. (1),  (2)  dan  (3)
B. (1),  (2)  dan  (4)
C. (1),  (3)  dan  (4)  
D. (2),  (3)  dan  (4)



PENASARAN MAU LAGI (DISINI)


Demikian conto sederhana latihan online Soal USBN PPKn (PKn) Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Tahun 2019 atau Tahun Pelajaran 2018/2019. Terima Kasih Semoga bermanfaat. 
=======================================





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Latihan Soal Usbn Ppkn (Pkn) Smp - Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Latihan Soal Usbn Ppkn (Pkn) Smp - Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Latihan Soal Usbn Ppkn (Pkn) Smp - Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/12/latihan-soal-usbn-ppkn-pkn-smp-mts.html

0 Response to "Latihan Soal Usbn Ppkn (Pkn) Smp - Mts Kurikulum 2019 Tahun 2019"

Posting Komentar