Latihan Soal Usbn Smp Ipa Kurikulum 2019 Tahun 2019

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Latihan Soal Usbn Smp Ipa Kurikulum 2019 Tahun 2019

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Latihan Soal Usbn Smp Ipa Kurikulum 2019 Tahun 2019, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel bimbel masuk ptn, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, Artikel usbn-smp, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Latihan Soal Usbn Smp Ipa Kurikulum 2019 Tahun 2019
link : Latihan Soal Usbn Smp Ipa Kurikulum 2019 Tahun 2019

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Latihan Soal Usbn Smp Ipa Kurikulum 2019 Tahun 2019


Latihan Online Soal USBN Sekolah Menengah Pertama IPA Kurikulum 2013Tahun 2019


Berikut Contoh Latihan Online Soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Desain soall latihan ini sebagai hasil training menciptakan soall Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa dipakai utk sekedar memperlihatkan persiapan berlatih mempelajari soall USBN IPA Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 ala games. 



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada tanggapan yg berdasarkan anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu tanggapan yg dianggap paling benar (masing-masing soall mempunyai bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan tanggapan sanggup dilihat pribadi pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1. Samsul melaksanakan pengukuran panjang karet penghapus, kesannya menyerupai ditunjukkan pada gambar di bawah ini




Berdasarkan gambar di atas, hasil pengukuran yg dilakukan Samsul pada karet penghapus adalah ….
A. 2,1 cm
B. 2,2 cm
C. 2,3 cm
D. 2,4 cm

2. Perhatikan tabel di bawah ini!
No
Besaran
Satuan
Alat ukur
1
Panjang
centimeter
Mistar
2
Massa
kilogram
Neraca
3
Waktu
sekon
Stopwatch
4
Suhu
celcius
Termometer

Berdasarkan data di atas, besaran pokok berdasarkan satuan SI dan alat ukur yg benar yaitu ….
A. 2 dan 4
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 1 dan 3

3. Perhatikan ciri-ciri zat berikut ini!
1) Volumenya tetap.
2) Gaya tarik antar molekulnya kuat.
3) Partikelnya gampang berpindah tetapi tidak meninggalkan kelompoknya.
4) Letak molekulnya berdekatan.
5) Bentuk sanggup berubah sesuai dgn tempatnya.
Nomor yg merupakan ciri-ciri zat cair adalah ....
A. (1), (2), (3), dan 5)
B.  (1), (3), (4), dan 5)
C. (2), (3), (4), dan 5)
D. (1), (2), (4), dan 5)

4. Perhatikan pernyataan berikut:
1) Pembuatan keju dari susu
2) Beras ditumbuk menjadi tepung
3) Pemuaian pada besi ketika dipanaskan
4) Pembuatan meja dan bangku dari kayu
Perubahan fisika ditunjukkan oleh pernyataan nomor ....
A. (1), (2), dan (3) 
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)

5. Gambar di bawah ini mengambarkan kondisi permukaan air di dalam gelas ukur pada kondisi sebelum dan sehabis watu dimasukkan!

Berdasarkan gambar di atas, volume watu yaitu ....
A. 30 ml
B. 50 ml
C. 80 ml
D. 100 ml

6. Perhatikan gambar berikut!

Tinta berwarna sanggup dipisahkan dgn metode pada gambar alasannya ... 

A. titik didih tinta dan pelarut berbeda
B. setiap komponen warna tinta mempunyai perbedaan contoh pergerakan
C. setiap komponen warna tinta gampang larut dalam pelarut
D. pelarut dan setiap komponen warna tinta mempunyai sifat kimia yg sama

7. Seorang siswa ingin menguji sifat larutan dari obat yg diminumnya. Setelah siswa tersebut melaksanakan penguji diperoleh kesimpulan bahwa obat yg diminum siswa bersifat basa.
Pernyataan yg mendukung kesimpulan siswa yaitu ....
A. kertas lakmus merah dicelupkan ke dalam sebuah wadah yg berisi obat dan tidak terjadi perubahan warna kertas lakmus.
B. kertas lakmus merah dicelupkan ke dalam sebuah wadah yg berisi obat dan terjadi gelembung gas pada obat tersebut 
C. kertas lakmus merah dicelupkan ke dalam sebuah wadah yg berisi obat dan terjadi perubahan warna kertas lakmus menjadi biru
D.kertas lakmus biru dicelupkan ke dalam sebuah wadah yg berisi obat dan terjadi gelembung gas  pada obat tersebut

8. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Gerak bola pada bidang miring.
2) Mobil yg melaju denga kecepatan tetap.
3) Gerakan benda yg dilempar vertikal ke atas.
4) Gerak kendaraan beroda empat mainan pada daerah yg datar.
Yang termasuk gerak lurus berubah beraturan  (GLBB ) dari pernyataan di atas yaitu ....
A. 1 dan 2 
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3 
D. 2 dan 4 

9. Perhatikan gambar!

Gambar di atas mengilustrasikan cara melepaskan tutup botol logam yg sulit dibuka. Hal ini sanggup terjadi alasannya koefisien muai tutup botol .
A. lebih besar daripada koefisien muai verbal botol
B. lebih kecil daripada koefisien muai verbal botol
C. lebih besar daripada koefisien muai udara di dalam botol
D. lebih kecil daripada koefisien muai udara di dalam botol

10. Perhatikan gambar di bawah ini!
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama / MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal USBN IPA SMP/MTS Kurikulum 2013, tetapi soall-soall latihan yg menyerupai dgn soall-soall USBN IPA SMP/MTS berdasarkan Kisi-kisi Kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping tanggapan yg dianggap paling benar. Selamat berlatih!


11. Perhatikan gambar! 

Besarnya perjuangan yg dilakukan oleh Andi dan Toni biar kendaraan beroda empat bisa berpindah sejauh 4 meter kalau gaya kedua anak itu masing-masing 50 N dan 70 N adalah ....

A. 80 joule 
B. 200 joule
C. 280 joule
D. 480 joule

12. Perhatikan gambar!

Tekanan hidrostatis terhadap A sebesar 8.000 N/m2 dan tekanan hidrostatis terhadap B sebesar 6.400 N/m2. Jika massa jenis air 1.000 kg/m3 dan g = 10 m/s2, selisih kedalaman A dan B yaitu ....

A. 0,10 m
B. 0,16 m
C. 0,64 m
D. 0,80 m

13. Perhatikan grafik pemanasan 300 gram es sampai menjadi air berikut ini!

Jika kalor jenis es = 2.100 J/(kgºC), kalor jenis air 4.200 J/(kgºC), dan kalor lebur    es = 340.000 J/kg, maka pada dikala perubahan suhu pada proses M – N dibutuhkan kalor sebanyak …
A. 6,3 kJ
B. 12,6 kJ
C. 83,1 kJ 
D. 102,0 kJ

14. Perhatikan gambar tuas berikut!

Jika beban digeser 10 cm menjauhi titik tumpu, yg harus dilakukan biar tuas tetap seimbang yaitu ....
A. menggeser titik tumpu 10 cm mendekati beban 
B. menambah kuasa menjadi 300 N
C. menggeser kuasa 25 cm menjauhi titik tumpu
D. menggeser kuasa 25 cm mendekati titik tumpu

15. Beberapa logam dipanaskan secara bersama sehingga suhunya sama.


Berdasarkan tabel, logam 1, 2, 3, dan 4 adalah 
A. kuningan, besi, tembaga, alumunium
B. tembaga, besi, kuningan, alumunium
C. tembaga, kuningan, besi, alumunium 
D. kuningan, alumunium, besi, tembaga

16. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Mengukur kedalaman laut
2) Mencari pesawat yg hilang kontak
3) Memperkirakan jarak antara dua tempat
4) Mendeteksi keberadaan musuh
Manfaat gelombang suara dapat ditunjukkan pada pernyataan nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)  
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

17. Perhatikan gambar di bawah ini!
Jika amperemeter memperlihatkan angka 2 A, maka besar tegangan pada ujung-ujung kendala 4 ohm adalah ....
A. 4 volt
B. 6 volt
C. 8 volt
D. 12 volt

18. Perhatikan data transformator pada tabel berikut!
Transformator I
Transformator II
Vp (v)
Vs (v)
Ip (A)
Is (A)
Np (l)
Ns (l)
Vp (v)
Vs (v)
Ip (A)
Is (A)
Np (l)
Ns (l)
120
1200
1
0,1
100
1000
100
20
0,2
1
1000
200

Dari data tersebut jenis trafo dan alasan yg benar yaitu ....


Trafo
Jenis
Alasan
Trafo
Jenis
Alasan
1.
I
Step down
Is < Ip
II
Step up
Vp > Vs
2.
I
Step down
Vp < Vs
II
Step up
  Is > Ip
3.
II
Step down
Ns > Np
I
Step up
  Is < Ip
4.
II
Step down
Ip < Is
I
Step up
 Ns > Np


A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

19. Benda terletak di depan cermin cekung menyerupai gambar, ternyata baygan yg terbentuk bersifat aktual dan diperbesar 3 kali.


Benda kemudian digeser 10 cm menjauhi cermin, maka baygan yg dihasilkan kini bersifat ....
A. nyata, terbalik, diperbesar
B. nyata, terbalik, diperkecil
C. nyata, terbalik, sama besar
D. maya, tegak, diperbesar

20. Batang besi dan baja sanggup dijadikan magnet dgn cara induksi menyerupai gambar berikut.

Berdasarkan gambar tersebut, didapatkan fakta bahwa ....
A. batang besi PQ menjadi magnet sementara, dgn ujung P sebagai kutub utara dan ujung Q sebagai kutub selatan
B. batang besi PQ menjadi magnet sementara, dgn ujung P sebagai kutub selatan dan ujung Q sebagai kutub utara
C. batang besi RS menjadi magnet sementara, dgn ujung R sebagai kutub selatan dan ujung S sebagai kutub utara
D. batang besi RS menjadi magnet permanen, dgn ujung R sebagai kutub utara dan ujung S sebagai kutub selatan

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama / MTs berdasarkan Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal UN USBN IPA SMP/MTS kurikulum 2013, tetapi soall-soall latihan yg menyerupai dgn soall-soall USBN IPA SMP/MTS kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping tanggapan yg dianggap paling benar. Selamat berlatih!


21. Perhatikan gambar berikut!

         
Pada gambar di atas diperlihatkan salah satu ciri makhluk hidup yaitu ...
A. bernapas (respirasi)
B. melakukan metabolisme 
C. tumbuh dan berkembang
D. berkembangbiak (reproduksi)

22. Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, makhluk hidup harus bisa melaksanakan adaptasi. Berikut ini disajikan beberapa conto adaptasi makhluk hidup.
1) Orang yg hidup di dataran tinggi mempunyai jumlah sel darah merah yg lebih banyak
2) Bunglon mengubah warna tubuhnya sesuai dgn warna lingkungannya.
3) Rayap mempunyai enzim selulase utk mencernakan makanannya.
4) Kebau berkubang di lumpur pada siang yg panas.
Dari conto-conto penyesuaian makhluk hidup di atas, conto manakah yang termasuk penyesuaian fisiologi?.

A. (1) dan (3)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

23. Seorang akseptor didik Sekolah Menengah Pertama Harapan Bangsa menemukan makhluk hidup yg mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1) berakar serabut,
2) batang tidak berkambium,
3) memiliki satu keping daun lembaga,
4) kelopak bunga pada umumnya kelipatan tiga.
Berdasarkan ciri-cirinya, makhluk hidup yg ditemukan akseptor didik tersebut termasuk kelompok ....

A. dikotil
B. monokotil
C. angiospermae
D. gymnospermae

24. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Malang menguji baku mutu Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di 50-60 perusahaan secara acak setiap tahunnya. Hasilnya memperlihatkan 20 persen perusahaan  dinilai tidak memenuhi standar baku mutu pengolahan limbah cairnya.  Hasil uji laboratorium air sungai di wilayah Singosari-Lawang serta Wagir–Pakis banyak yg tidak memenuhi chemical oxygen demand (COD) atau oksigen yg dibutuhkan dalam proses kimiawi makhluk hidup. 
Bagaimana kemungkinan kondisi organisme di wilayah tersebut?

A. Sampah organik akan menumpuk alasannya jumlah basil pengurai menurun
B. Zooplankton akan meningkat alasannya jumlah ganggang meningkat.
C. Produsen tumbuh pesat alasannya cukup mendapat oksigen.
D.Jumlah basil pengurai tidak berubah alasannya tidak memerlukan oksigen

25.  Suatu flora mempunyai ciri-ciri berikut ini:
1) habitat di darat,
2) serbuk sari tidak lengket,
3) kepala putiknya terdapat di dalam bunga dan tertutup oleh mahkota.
Berdasarkan data di atas, sanggup disimpulkan bahwa flora tersebut penyerbukkannya dibantu oleh …..
A.air
B. angin
C. serangga
D. manusia

26.Perhatikan bagan jaring-jaring masakan pada ekosistem darat di bawah ini!

Apa yg terjadi pada komponen penyusun ekosistem tersebut kalau populasi tikus menurun akhir petani melaksanakan pembasmian?

A. Populasi flora dan rubah meningkat.
B. Populasi flora dan burung elang meningkat.
C. Populasi flora meningkat dan katak menurun.
D. Populasi burung pemakan biji-bijian meningkat dan laba-laba menurun

27. Perhatikan grafik efek pertumbuhan penduduk terhadap kualitas udara!

Berdasarkan grafik di atas sanggup disimpulkan bahwa ....

A. semakin banyak jumlah penduduk, kualitas udara semakin buruk
B. semakin sedikit jumlah penduduk, kualitas udara semakin buruk
C. semakin banyak jumlah penduduk, kualitas udara semakin baik
D. jumlah penduduk tidak mensugesti kualitas udara

28. Perhatikan gambar rangka insan berikut!


Jenis sendi yg ditandai dgn X yaitu .....

A. sendi engsel 
B. sendi pelana
C. sendi peluru
D. sendi putar

29. Perhatikan gambar berikut ini!


Tanaman di atas akan menutup daunnya kalau disentuh, gerakan tersebut termasuk gerak ....
A. fotonasti
B. seismonasti 
C. fototropisme 
D. geotropisme 

30. Perhatikan gambar alat reproduksi perempuan berikut!

Fungsi bab yg ditunjukkan oleh tanda panah adalah ...
A. menghasilkan sel telur dan hormon 
B. tempat pembuahan sel telur oleh sperma
C. sebagai terusan telur membawa sel telur
D. tempat berkembangnya janin selama kehamilan 

Anda sedang mengerjakan Latihan Soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama / MTs Kurikulum 2013 tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019. Ingat ini Bukan Bocoran Soal USBN IPA SMP/MTS Kurikulum 2913, tetapi soall-soall latihan yg menyerupai dgn soall-soall UN USBN IPA SMP/MTS Kurikulum 2013. Cara menjawabnya juga sangat mudah, Anda tinggal mengklik pada bulatan di samping tanggapan yg dianggap paling benar. Selamat berlatih!


31. 20. Perhatikan tabel berikut!
Nomor
Enzim

Kode
Fungsi Enzim
1
Ptialin

a
Mengubah maltosa menjadi glukosa
2
Pepsin

b
Mengubah lemak menjadi asam lemak & gliserol
3
Amilase

c
Mengubah amilum menjadi maltosa
4
Tripsin

d
Mengubah protein menjadi pepton
5
Lipase

e
Mengubah pepton menjadi asam amino
Pasangan yg benar antara Nomor Enzim dan Kode Fungsi Enzim yaitu ....
A. 1 à c dan 2 à e
B. 2 à b dan 3 à c
C. 3 à a dan 4 à e
D. 4 à b dan 5 à d


32. Perhatikan daftar ciri-ciri pembuluh darah berikut!
1) Jika terluka, darah akan menetes.
2) Dindingnya tidak lentur dan tipis.
3) Katupnya terletak di pangkal jantung.
4) Darah banyak mengandung oksigen (O2).
Pada daftar di atas, yg termasuk ciri-ciri pembuluh nadi (arteri) yaitu ....
A. (1) dan (2) 
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

33. 20. Bunga Mirabilis jalava warna merah disilangkan dgn bunga Mirabilis jalava warna putih. Keturunan pertama semuanya berwarna merah muda. Jika F1 disilangkan dgn sesamanya, maka kemungkinan F2 hasil persilangannya adalah ….

A. Merah 100%
B. Merah  :  Putih  =  3  :  1
C. Merah  :  Putih  =  1  :  3
D. Merah  :  Merah Muda  :  Putih  =  1 :  2  :  1

34. Perhatikan gambar penampang batang di bawah ini.
Pada gambar di atas, bab yg berfungsi utk pertumbuhan sekunder ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

35. Di kabupaten Wonosobo  hasil pertanian singkong melimpah, sehingga perlu sentuhan bioteknologi yg sempurna utk menghindari ketidakbermanfaatan dari singkong tersebut. Produk dari penerapan bioteknologi utk hasil pertanian tersebut yaitu ....
A. tepung singkong
B. tape singkong
C. keripik singkong
D. kue singkong

36. Salah satu penerapan bioteknologi dalam bidang kesehatan dgn tujuan utk menyembuhkan penyakit diabetes yaitu ….

A. antibody monoclonal
B. pembentukan interferon
C. pembuatan vaksin
D. pembuatan hormon insulin

37. Ayam berbulu hitam (HH) disilangkan dgn ayam berbulu putih (hh). Berapa rasio genotop F2
A. 1 : 2 : 1
B. 1 : 3 : 1
C. 3 : 1
D. 4 : 1


38. Persilangan antara tumbuhan bunga pukul empat warna merah dgn warna putih menghasilkan tumbuhan (F1) berbunga merah jambu. Apabila F1 disilangkan dgn sesamanya dan menghasilkan tumbuhan F2 sebanyak 32 tanaman, maka kemungkinan akan dihasilkan tumbuhan berbunga merah sebanyak ...
A. 6
B. 8
C. 12
D. 16


39. Perhatikan gambar berikut!
Proses filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi terjadi pada bab nefron nomor.....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (6)


40. Para mahir Biologi pernah melaksanakan percobaan yg membuktikan bahwa pengambilan bab kulit batang tu buhan akan mengakibatkan gangguan yg serius pada dliran senyawa organik ke akar. Jaringan yg terbuang pada dikala pengambilan kulit batang yaitu ....
A. xilem
B. epidermis
C. floem  
D. kambium



PENASARAN MAU LAGI (DISINI)


Demikian conto sederhana latihan online Soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Tahun 2019 atau Tahun Pelajaran 2018/2019. Terima Kasih Semoga bermanfaat. 
======================================================



= Berikut ini Kumpulan Soal USBN Sekolah Menengah Pertama Lainnya =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Latihan Soal Usbn Smp Ipa Kurikulum 2019 Tahun 2019

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Latihan Soal Usbn Smp Ipa Kurikulum 2019 Tahun 2019 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Latihan Soal Usbn Smp Ipa Kurikulum 2019 Tahun 2019 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/12/latihan-soal-usbn-smp-ipa-kurikulum.html

0 Response to "Latihan Soal Usbn Smp Ipa Kurikulum 2019 Tahun 2019"

Posting Komentar