Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel Info Lomba, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018
link : Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018

 Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan  LOMBA APLIKASI MOBILE KIHAJAR 2018

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018. Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) mempunyai kiprah melasanakan pengembangan Model Multimedia utk pendidikan dan kebudayaan. Dalam melaksanakan kiprah sebagaimana dimaksud di atas, BPMPK menyelenggarakan fungsi utk
·               analisis model multimedia utk pendidikan dan kebudayaan,
·               perancangan model multimedia utk pendidikan dan kebudayaan,
·               pembuatan model multimedia utk pendidikan dan kebudayaan,
·               pendayagunaan sarana dan peralatan multimedia,
·               fasilitasi pengembangan model multimedia utk pendidikan dan kebudayaan,
·               evaluasi pengembangan model multimedia utk pendidikan dan kebudayaan dan
·               pelaksanaan urusan ketatausahaan Balai.

Berhubungan dgn kiprah dan fungsi BPMPK tersebut, serta jangkauan wilayah kerja secara nasional, maka BPMPK perlu utk mempublikasikan keberadaan dan fungsinya biar dikenal oleh masyarakat luas yg berkecimpung dalam dunia pendidikan. Terlebih biar program-program yg telah dilaksanakan beserta produk-produknya bisa secara pribadi dikenal dan dinikmati oleh sekolah maupun seluruh stakeholder pendidikan khususnya penguna mobile edukasi. Untuk lebih mempublikasikan keberadaan BPMPK dan program-programnya maka salah satu strateginya yg dilakukan oleh BPMPK yaitu melaksanakan Lomba Aplikasi Mobile Kihajar. 

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018 dulunya berjulukan Lomba Mobile Edukasi. Lomba ini mempertandingkan karya Aplikasi Mobile Edukasi, yaitu aplikasi yg dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Lomba ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan dan merupakan rangkaian acara Anugerah Kihajar yg diselenggarakan oleh Pustekkom Kemdikbud. Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta program-programnya sanggup dikenal dan dirasakan secara pribadi keuntungannya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018 ini bertujuan utk :
·               Memotivasi pelajar, guru dan masyarakat utk membuatkan materi berguru interaktif melalui perangkat handphone.
·               Memotivasi pelajar, guru dan masyarakat akan pentingnya materi ajar/media pembelajaran berbasis TIK sebagai penunjang proses pembelajaran, khususnya mobile edukasi.
·               Membentuk budaya pembelajaran yg inovatif dan kreatif bagi seluruh pelajar, guru dan masyarakat melalui materi ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
·               Memperkaya konten pendidikan di internet.

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018 ini mempertandingkan karya Aplikasi Mobile Edukasi, yaitu aplikasi yg dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Lomba ini di selenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan dan merupakan rangkaian kegiatan Anugerah Kihajar yg diselenggarakan oleh Pustekkom Kemdikbud. Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta program-programnya sanggup dikenal dan dirasakan secara pribadi keuntungannya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.

Tahapan Pelaksanaan Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018
Program mobile learing merupakan salah satu model pembelajaran multimedia yg dikembangkan oleh BPMPK. Keunikan dari model ini yaitu memakai alat (device) smartphone, dimana sudah cukup banyak masyarakat memakai atau memanfaatkannya sebagai alat komunikasi. Namun BPMPK mencoba utk memanfaatkan smartphone sebagai alat utk berguru bagi siswa, guru maupun masyarakat secara umum.

Untuk mempopulerkan kegiatan mobile edukasi yg dikembangkan oleh BPMPK, maka BPMPK mengajak masyarakat khususnya pelajar, guru dan masyarakat umum utk berperan serta membuatkan materi didik multimedia berbasis mobile learning, dalam bentuk Lomba. Lomba tersebut berjulukan “Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018” dgn 4 kategori, yakni
·               Kategori Pelajar bertema Sosial Budaya
·               Kategori Guru bertema mata ajaran
·               Kategori Umum bertema V-Lab, dan
·               Kategori Umum bertema Game Edukasi.

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar yaitu lomba pembuatan media pembelajaran berbasis device mobile dgn karya berupa aplikasi atau konten pembelajaran yg dijalankan pada handphone, smartphone atau tablet. 

Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 5 tahapan, yaitu Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran dan Pengumpulan Karya, Seleksi Karya, Grand Final/Penjurian dan Penyerahan hadiah.

Jadwal dan Tata Cara Pendaftaran Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018
Jawawal Pendaftaran  
Dilaksanakan pada 1 April 2018 hingga 1 Agustus 2018 secara online
Rincian Kegiatan
Waktu pengiriman hasil karya lomba bagi penerima ditentukan selama 4 bulan. 

Pendaftaran dan pengumpulan karya yg bertujuan utk menjaring karya penerima dari aneka macam tempat di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, penerima lomba wajib mendaftar secara resmi di website lomba di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba

Langkah Pendaftaran
1.        Kunjungi website lomba kemudian mendaftar menjadi penerima lomba
2.        Akun user penerima yaitu alamat email yg didaftarkan
3.        Peserta mendapatkan konfirmasi email yg didaftarkan
4.        Peserta diwajibkan:
·               Melengkapi biodata
·               Mengupload identitas bukti diri (Kartu identitas dan foto diri)
·               mengupload karya lomba yg di ajukan.
·               Mengupload video demo karya lomba dgn durasi 30-60 detik ( conto video bisa dilihat di web resmi lomba)
·               Upload icon ( 200 x 200 px) dan 3 screenshot karya (ukuran sesuai Smartphone)
·               Peserta menawarkan diskripsi atau sinopsis mengenai karya yg di upload
5.        Biodata, karya lomba, video demo, icon dan diskripsi bisa di perbaharui dan diupload ulang hingga batas simpulan waktu pendaftaran.

Persyaratan Peserta  Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018:
1.        Warga Negara Indonesia (WNI)
2.        Peserta diwajibkan aktif mengikuti berita/informasi dari panitia lomba melalui websaite, email dan media umum resmi lomba.
3.        Lomba dibagi menjadi empat kategori yaitu :
·               Kategori Pelajar :
a)       SD,SMP, SMA/SMK atau sederajat dan ketika grandfinal masih berstatus pelajar dgn memperlihatkan bukti yg sah.
b)       Wajib melampirkan/mengupload surat ijin dari kepala sekolah utk mengikuti lomba.
c)        Apabila lolos ke grandfinal, penerima masih berstatus pelajar dan wajib membawa surat kiprah sebagai peserta/finalis dari kepala sekolah
d)       Panitia memberi fasilitas satu guru pendamping setiap penerima utk menghadiri kegiatan Grandfinal/Penjurian.
e)       Guru pendamping wajib membawa surat kiprah dari kepala sekolah peserta.
f)         Panitia akan menanggung transportasi dan kemudahan (konsumsi dan penginapan) guru pendamping.

·               Kategori Guru :
a)       Adalah guru segala jenjang (SD,SMP, SMA/SMK atau sederajat)
b)       Adalah pamong belajar, tutor keaksaraan,pendidik paud
c)        Wajib melampirkan/mengupload surat ijin yg mencatumkan mata aliran yg di ampu, dari atasan pribadi utk mengikuti lomba.
d)       Jika lolos ke grandfinal, penerima masih berstatus guru,pamong belajar,tutor keaksaraan atau pendidik paud, dgn memperlihatkan surat kiprah dari kepala sekolah/atasan langsung.
·               Kategori Umum V-Lab: mahasiswa atau masyarakat umum
·               Kategori Umum Game Edukasi: mahasiswa atau masyarakat umum
4.        Karakteristik Peserta
·               Bersifat perorangan
·               Bersifat kelompok maksimal 3 orang (panitia menanggung biaya kemudahan hanya 1 orang ketika presentasi di babak Grandfinal)
5.        Peserta yg pernah menjadi Juara 1 Lomba Mobile Kihajar (sebelumnya berjulukan : Lomba Mobile Edukasi) tidak akan menjadi finalis lomba berikutnya pada kategori yg sama.
6.        Peserta hanya boleh mengikuti satu katergori lomba.
7.        Peserta yg tidak bersedia mengikuti grandfinal, akan diturunkan sebagai kontributor

Persyaratan Karya  Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018:
1.        Karya yaitu hasil wangsit dan kreasi original penerima (isi karya menjadi tanggung jawab peserta).
2.        Karya berupa aplikasi mobile yg bisa dipublikasikan dan dimanfaatkan melalui website m-edukasi.kemdikbud.go.id
3.        Aplikasi Mobile yg dimaksud yaitu aplikasi yg dijalankan pada perangkat smartphone atau tablet.
4.        Karya penerima dihentikan lebih dari 200mb. Jika karya melebihi ukuran tersebut maka karya tidak bisa di unggah
5.        Karya yg dilombakan belum pernah dipublikasikan.
6.        Karya yg dilombakan tidak mengandung unsur komersial
7.        Karya yg dilombakan belum pernah menjadi juara di even lomba yg lain.
8.        Karya yg dilombakan, wajib mencantumkan splashscreen dgn logo standar yg telah disediakan oleh panitia (dapat diunduh di website resmi lomba, tetapi animasi dan musik boleh di modifikasi dgn durasi maksimal 5 detik.
9.        Di dalam aplikasi, penerima diwajibkan mencantumkan kredit yg berisi info pengembang, dan sumber/referensi yg digunakan. (apabila memakai aset dari pihak lain)
10.    Materi :
·             Pelajar
Berisi ihwal sosial budaya ( Misalnya : Pendidikan Karakter, isu sosial, Budi pekerti, Kesenian Indonesia, Kebudayaan Indonesia, dan lain-lain)

·             Guru
Berisi ihwal materi pembelajaran sesuai mata aliran yg di ampu dgn mencantumkan tujuan pembelajaran ( mata aliran yg diampu dicantumkan dalam surat ijin).

·             Umum V-Lab
Berisi ihwal simulasi praktikum di laboratorium sekolah, dgn menyertakan lembar kerja praktikum dalam bentuk PDF.

·             Umum Game Edukasi
Berisi ihwal aplikasi permainan yg mengandung unsur pembelajaran.

11.    Disajikan dgn memakai Bahasa Indonesia yg baik dan benar, kecuali mata aliran bahasa absurd / tempat / muatan lokal.
12.    Peserta yg masuk grandfinal 10 besar per kategori, menyertakan Source Code atau Re Source ketika presentasi di Grandfinal.
13.    Satu karya hanya boleh di ikut sertakan pada satu kategori saja. Jika ditemukan karya yg sama dan terdaftar pada lebih dari satu kategori, maka Panitia Lomba Aplikasi Mobile Kihajar berhak mendiskualifikasi.

Ketentuan umum
Peraturan dan ketentuan umum dalam pelaksanaan lomba ini yaitu sebagai berikut:
1.      Panitia tidak mendapatkan komplain keterlambatan dikarenakan penerima tidak mengikuti berita/ informasi dari panitia lomba.
2.      Pengumpulan karya diusahakan 1 ahad sebelum batas simpulan pengumpulan karya
3.      Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon penerima bila penerima atau karya tidak sesuai dgn ketentuan yg telah ditetapkan.
4.      BPMPK mempunyai hak publikasi dan distribusi atas 80 karya (20 karya per kategori).
5.      Keputusan panitia dan/atau juri tidak sanggup diganggu gugat.

Penjuriian / Seleksi Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018
Penjurian/grand final yaitu tahapan utama dari lomba ini. Di kegiatan ini 40 nominator/program yg terseleksi (10 karya kategori Guru, 10 karya kategori umum Vlab, 10 karya kategori umum Games Edukasi dan 10 karya kategori pelajar) akan diundang utk mempresentasikan di hadapan dewan juri. Juri yaitu orang profesional dari aneka macam aspek. Dewan juri melaksanakan penilaian sesuai dgn aspek-aspek yg dikuasainya. Hasil simpulan penilaian ini yaitu mendapatkan juara 1, 2 dan 3 utk masing masing kategori. 
Dalam kegiatan ini penerima mempresentasikan dgn mendemokan karya pribadi mengunakan device mobile di hadapan para Juri. Kaprikornus juara lomba ini tidak hanya dinilai dari karya saja tetapi juga di nilai kemampuan penerima dalam membuatkan serta unsur-unsur lain yg terkait dgn pembuatan aplikasi mobile learning.
Untuk itu penerima yg masuk grandfinal menyiapkan Source Code atau Re Source ketika presentasi. Dengan menampilkan source code ini, penerima bisa menjelaskan secara lengkap dan detail bila diminta oleh juri yg menilai. Hal ini juga sanggup menjelaskan orisinalitas karya.

Langkah Penjurian
·          Peserta di undi utk memilih nomor tampil.
·          Panitia menyediakan perangkat dan membantu penerima utk menghubungkan device ke proyektor
·          Peserta mempresentasikan karyanya pribadi dari device mobile/gawai tidak mengunakan komputer
·          Peserta menjawab pertanyaan yg diajukan juri.
·          Juara diumumkan pada kegiatan penutupan Grandfinal Lomba.

Aspek penilaian
·          Aspek orisinalitas
·          Aspek materi dan desain pembelajaran
·          Aspek media komunikasi visual
·          Aspek rekayasa perangkat lunak

Hasil penilaian masing masing kategori
·          Juara 1
·          Juara 2
·          Juara 3

Dewan Juri
·          Pakar/praktisi bidang pendidikan dan TIK bertaraf nasional di luar BPMPK
·          Pakar/praktisi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi bertaraf nasional di luar BPMPK
·          Pakar/praktisi bidang Desain Komunikasi Visual bertaraf nasional di luar BPMPK

Hadiah bagi Para Pemenang Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018

Total keseluruhan hadiah yg disediakan utk semua kategori lebih dari Rp. 308.000.000.

Hadiah Untuk Pemenang Kategori Pelajar
·          Juara 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
·          Juara 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
·          Juara 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 8.000.000,-
·          Peringkat 4-20 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-

Hadiah Untuk Pemenang Kategori Guru
·          Juara 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
·          Juara 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
·          Juara 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
·          Peringkat 4-20 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-

Hadiah Untuk Pemenang Kategori Umum V-lab
·          Juara 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
·          Juara 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
·          Juara 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
·          Peringkat 4-20 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-

Hadiah Untuk Pemenang Kategori Umum Games Edukasi
·          Juara 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
·          Juara 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
·          Juara 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
·          Peringkat 4-20 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-

Demikian informasi ihwal Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018 semoga bermanfaat. Bagi yg berminat silahkan mencoba. Semoga sukses.





= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018 dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/12/lomba-aplikasi-mobile-kihajar-2018.html

0 Response to "Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018"

Posting Komentar