Permenpan Rb Nomor 16 Tahun 2009 Ihwal Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Permenpan Rb Nomor 16 Tahun 2009 Ihwal Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Permenpan Rb Nomor 16 Tahun 2009 Ihwal Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel bimbel masuk ptn, Artikel Pembinaan, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Permenpan Rb Nomor 16 Tahun 2009 Ihwal Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya
link : Permenpan Rb Nomor 16 Tahun 2009 Ihwal Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Permenpan Rb Nomor 16 Tahun 2009 Ihwal Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya

 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya  PERMENPAN RB NOMOR 16 TAHUN 2009 TENTANG JABATAN FUNGSIONAL GURU DAN ANGKA KREDITNYA
Menurut Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya,  Guru ialah pendidik profesional dgn kiprah utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik 5 pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Sedangkan Jabatan fungsional guru ialah jabatan fungsional yg memiliki ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang utk melaksanakan acara mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah sesuai dgn peraturan perundang-undangan yg diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil.

Rumpun Jabatan, Jenis Guru, Kedudukan, dan Tugas Utama berdasarkan Permenpan RB (Permen Menpan RB) Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Dalam Pasal 2 dinyatakan bahwa Jabatan Fungsional Guru ialah jabatan tingkat keahlian termasuk dalam rumpun pendidikan tingkat taman kanak-kanak, dasar, lanjutan, dan sekolah khusus.  Jenis guru dinyatakan dalam Pasal 3 Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009, berdasarkan sifat, tugas, dan kegiatannya Jenis Guru meliputi: a) Guru Kelas; b) Guru Mata Pelajaran; dan c) Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor. Adapun kedudukan guru sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 4 Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009 dinyatakan bahwa Guru berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang pembelajaran/bimbingan dan kiprah tertentu pada jenjang pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.


Tugas guru Berdasarkan Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009


Terkait Tugas utama Guru ditegaskan dalam Pasal 5 Peraturan Menpan RB atau Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009 bahwa Tugas utama Guru ialah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah serta kiprah pelengkap yg relevan dgn fungsi sekolah/madrasah. Adapaun beban kerja Guru utk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, dan/atau melatih paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka dan paling banyak 40 (empat puluh) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu. Sedangkan Beban kerja Guru bimbingan dan konseling/konselor ialah mengampu bimbingan dan konseling paling sedikit 150 (seratus lima puluh) penerima didik dalam 1 (satu) tahun.


Regulasi Kenaikan Pangkat Guru Berdasarkan Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009


Apa saja kewajiban guru ? Pasal 6 Permenpan RB (Permen Menpan RB) Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, menyatakan bahwa Kewajiban Guru dalam melaksanakan kiprah adalah: a) merencanakan pembelajaran/ bimbingan, melaksanakan pembelajaran/ bimbingan yg bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran/ bimbingan, serta melaksanakan pembelajaran/perbaikan dan pengayaan; b) meningkatkan dan berbagi kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dgn perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni; c) bertindak obyektif dan tidak diskriminatif atas pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, dan kondisi fisik tertentu, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi penerima didik dalam pembelajaran; d) menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan, hukum, dan arahan etik Guru, serta nilai agama dan etika; dan e) memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.

Berkaitan dgn kewajiban tersebut guru diberikan tanggung jawab dan wewenang. Menurut Pasal 7 Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya, Guru bertanggungjawab menuntaskan kiprah utama dan kewajiban sebagai pendidik sesuai dgn yg dibebankan kepadanya. Sedangkan berdasarkan Pasal 8 Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009, Guru berwenang menentukan dan menentukan materi, strategi, metode, media pembelajaran/ bimbingan dan alat penilaian/ penilaian dalam melaksanakan proses pembelajaran/bimbingan utk mencapai hasil pendidikan yg bermutu sesuai dgn arahan etik profesi Guru.


Jenjang Jabatan dan Angka Kredit guru Berdasarkan Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009


Tahu Anda Jenjang Jabatan dan Pangkat. Jenjang Jabatan Fungsional Guru diatur dalam Pasal 12 Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, yg menyatakan bahwa Jenjang Jabatan Fungsional Guru dari yg terendah hingga dgn yg tertinggi, yaitu: a) Guru Pertama; b) Guru Muda; c) Guru Madya; dan d) Guru Utama. Adapun Jenjang pangkat Guru utk setiap jenjang jabatan, yaitu:
a. Guru Pertama:
1. Penata Muda, golongan ruang III/a; dan
2. Penata Muda Tingkat I, golongan ruang III/b;
b. Guru Muda:
1. Penata, golongan ruang III/c; dan
2. Penata Tingkat I, golongan ruang III/d.
c. Guru Madya:
1. Pembina, golongan ruang IV/a;
2. Pembina Tingkat I, golongan ruang IV/b; dan
3. Pembina Utama Muda, golongan ruang IV/c.
d. Guru Utama:
1. Pembina Utama Madya, golongan ruang IV/d; dan
2. Pembina Utama, golongan ruang IV/e.

Komposisi AK guru Berdasarkan Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009


Jenjang pangkat utk masing-masing Jabatan Fungsional Guru ialah jenjang pangkat dan jabatan berdasarkan jumlah angka kredit yg dimiliki utk masing-masing jenjang jabatan. Penetapan jenjang Jabatan Fungsional Guru utk pengangkatan dalam jabatan ditetapkan berdasarkan jumlah angka kredit yg dimiliki sesudah 10 ditetapkan oleh pejabat yg berwenang memutuskan angka kredit sehingga dimungkinkan pangkat dan jabatan tidak sesuai dgn pangkat dan jabatan.




Selengkapnya silahkan download Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya -----DISINI-----

Demikian gosip wacana Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya, supaya bermanfaat. Terima kasih.






= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Permenpan Rb Nomor 16 Tahun 2009 Ihwal Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Permenpan Rb Nomor 16 Tahun 2009 Ihwal Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Permenpan Rb Nomor 16 Tahun 2009 Ihwal Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/12/permenpan-rb-nomor-16-tahun-2009-ihwal.html

0 Response to "Permenpan Rb Nomor 16 Tahun 2009 Ihwal Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya"

Posting Komentar