Teori Berguru Kecerdasan Ganda

DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Teori Berguru Kecerdasan Ganda

- Hallo sahabat BIMBEL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI - Bimbel Masuk PTN, SBMPTN, Karantina Simak UI, Supercamp, Pada Artikel kali ini mudah-mudahan membantu anda, artikel ini berjudul Teori Berguru Kecerdasan Ganda, kami telah membuat artikel ini dengan baik dan mudah di pahami untuk anda baca sebagai informasi didalamnya juga yang terpenting semoga bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel bimbel masuk ptn, Artikel Pembelajaran, Artikel Pembelajaran2, Artikel SBMPTN, Artikel ujian nasional, Artikel unbk, yang kami tulis ini dapat dengan anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Teori Berguru Kecerdasan Ganda
link : Teori Berguru Kecerdasan Ganda

Klik Iklan dibawah ini dan Link Download akan terbuka

Baca juga


Teori Berguru Kecerdasan Ganda

TEORI BELAJAR KECERDASAN GANDA

Teori Kecerdasan Ganda (Multiple Inteligence) yg dikemukakan oleh Howard Gardner – seorang professor psikologi dari Harvard University – akan dijadikan teladan utk lebih memahami talenta dan kecerdasan individu. Tulisan ini bertujuan utk membahas dan lebih memahami perihal upaya yg perlu dilakukan oleh guru dan pendidik dalam membantu memfasilitasi pengembangan potensi individu peseta didik.

Howard Gardner (1983) mengemukakan bahwa intinya insan mempunyai tujuh jenis kecerdasan dasar yaitu : Kecerdasan bahasa, Kecerdasan matematis logis, Kecerdasan spasial, Kecerdasan kinestetis jasmani, Kecerdasan musical, Kecerdasan interpersonal, Kecerdasan  intrapersonal. Terakhir, Gardner menambahkan satu kecerdasan lagi yaitu kecerdasan naturalis.


seorang professor psikologi dari Harvard University TEORI BELAJAR KECERDASAN GANDA

Kecerdasan yaitu suatu kemampuan utk memecahkan problem atau menghasilkan sesuatu yg diperlukan di dalam latar budaya tertentu. Seseorang dikatakan cerdas kalau ia sanggup memecahkan problem yg dihadapi dalam hidupnya dan bisa menghasilkan sesuatu yg berharga atau berkhasiat bagi dirinya maupun umat manusia. Howard Gardner memperkenalkan hasil penelitiannya yg berkaitan dgn teori kecerdasan ganda, yaitu teorinya perihal menghilangkan anggapan yg ada selama ini perihal kecerdasan manusia. Hasil penelitiannya memperlihatkan bahwa tidak ada satupun kegiatan insan yg hanya memakai satu macam kecerdasan, melainkan seluruh kecerdasan yg ada. Semua kecerdasan tersebut bekerja sama sebagai satu kesatuan yg utuh dan terpadu. Komposisi keterpaduannya tentu saja berbeda-beda pada masing-masing orang. Namun kecerdasan tersebut sanggup diubah dan ditingkatkan. Kecerdasan yg paling menonjol akan mengontrol kecerdasan-kecerdasan lainnya dalam memecahkan masalah. 

Berikut ini beberapa kecerdasan manusia, yaitu:
1.      Kecerdasan verbal/Bahasa (verbal linguistic intelligence)
2.      Kecerdasan logika/matematik (logical mathematical intelligence)
3.      Kecerdasan visual/ruang (visual/spatial intelligence)
4.      Kecerdasan tubuh/gerak badan (body/kinesthic intelligence)
5.      Kecerdasan musical/ritmik (musical/rhythmic intelligence)
6.      Kecerdasan interpersonal (interpersonal intelligence)
7.      Kecerdasan intrapersonal (intrapersonal intelligence)
8.      Kecerdasan naturalis (naturalistic intelligence)
9.      Kecerdasan spiritual (spiritualist intelligence)
10.    Kecerdasan eksistensial (exsistensialist intelligence)

Pada dasarnya semua orang memilki semua macam kecerdasan di atas, namun tentu saja tidak semuanya berkembang atau dikembangkan pada tingkatan yg sama, sehingga tidak sanggup dipakai secara efektif. Pada umumnya satu kecerdasan lebih menonjol/kuat dari pada yg lain. Tetapi tidak berarti bahwa hal itu bersifat permanen/tetap. Di dalam diri insan tersedia kemampuan utk mengaktifkan semua kecerdasan tersebut.
Para pakar kecerdasan sebelum Gardner cenderung memperlihatkan tekanan tehadap kecerdasan hanya terbatas pada aspek kognitif, sehingga insan telah tereduksi menjadi sekedar komponen kognitif. Gardner melaksanakan hal yg berbeda, ia memandang insan tidak hanya sekedar komponen kognitif namun suatu keseluruhan. Melalui kecerdasan ganda (multiple intelligence) ia berusaha menghindari adanya penghakiman terhadap insan dari sudut pandang kecerdasan. Tidak ada insan yg sangat cerdas dan tidak cerdas utk seluruh aspek yg da pada dirinya. Yang ada yaitu ada insan yg memilki kecerdasan tinggi pada salah satu kecerdasan yg dimilikinya.
Strategi pembelajaran kecerdasan ganda betujuan biar semua potensi anak sanggup berkembang. Strategi dasar pembelajarannya sanggup dimulai dgn:
1. Membangunkan/memicu kecerdasan (awakening intelligence)
Yaitu upaya utk mengaktifkan indra dan menghidupkan kerja otak
2. Memperkuat kecerdasan (amplifying intelligence)
Yaitu dgn cara memberi latihan dan memperkuat kemampuan membangunkan kecerdasan
3. Mengajarkan dgn/utk kecerdasan (teaching for with intelligence)
Yaitu upaya-upaya menyebarkan struktur pemikiran yg mengacu pada penggunaan kecerdasan manusia
4. Mentransfer kecerdasan (transferring intelligence)
Yaitu perjuangan utk memanfaatkan banyak sekali cara yg telah dilatihkan di kelas utk memahami realitas di luar kelas atau pada lingkunga nyata

Sedangkan kegiatan-kegiatannya sanggup dilakukan dgn cara menyediakan studi tour, biografi, pembelajaran teprogram, eksperimen, majalah dinding, serta membaca buku-buku guna utk menyebarkan kecerdasan ganda. Upaya utk mengembangakan siswa sendiri sanggup berupa self monitoring dan konseling atau tutor sebaya akan sangat efektif utk menyebarkan kecerdasan ganda.


Salah satu implemtasi Teori Kecerdasan Ganda (Multiple Inteligence) adalah bagaimana Meningkatkan Kecerdasan Ganda siswa. Berikut ini sejumlah cara atau metode sanggup dilakukan utk meningkatkan kemampuan – kemampuan individu. Setiap metode dipakai utk meningkatkan jenis  kecerdasan yg spesifik yaitu:
·               Meningkatkan kecerdasan bahasa sanggup dilakukana dgn cara mengadakan permainan merangkai kata, buatlah buku harian atau usahakan utk menulis perihal apa saja yg ada dalam pikiran setiap harinya sebanyak 250 kata, dan sediakan waktu utk bercerita secara teratur dgn keluarga atau sahabat.
·          Cara utk meningkatkan kecerdasan spasial yaitu  seringlah berlatih permainan gambar tiga dimensi, puzzle, kubus, dan teka-teki visual lainnya, dekorasi ulang interior dan taman rumah, buatlah struktur benda dgn logo, atau materi mainan tiga dimensi lainnya.
·            Meningkatkan kecerdasan matematis logis sanggup dilakukan dgn cara berlatih menghitung soall-soall matematika sederhana di kepala ( berapa 21 X 40 dalam 5 detik), pelajari cara memakai sempoa, sering-seringlah mengisi teka-teki silang/asah otak lainnya.
·    Kecerdasan musikal sanggup dilatih  dgn cara mengunjungi konser atau pertunjukan musik, bernyanyilah di kamar mandi atau di manapun yg memungkinkan utk bersenandung, luangkan waktu selama satu jam setiap ahad utk mendengarkan gaya musik yg tidak dikenal dekat (western, jazz, country, world music ,dll).
·        Meningkatkan kecerdasan kinestetik sanggup dilakukan dgn carai bergabung dan berlatih berdsama dgn klub olahraga di lingkungan, pelajarilah kegiatan dansa, kumpulkanlah berbagai  macam benda yg mempunyai bermacam-macam tekstur dan bentuknya khas, cobalah  kenali benda-benda tersebut dgn mata tertutup.
·   Cara atau metode yg sanggup dilakukan utk meningkatkan kecerdasan interpersonal yaitu: belilah kotak kartu nama, penuhi dgn nama kontak bisnis, teman, kenalan, kerabat, dan orang lain, serta tetaplah menjalin kekerabatan dgn mereka; luangkan waktu selama 15 menit setiap hari utk mempraktekkan mendengarkan secara aktif dgn pasangan hidup atau sahabat dekat; bekerjasamalah dgn satu orang atau lebih dalam sebuah proyek yg menurut pada kesamaan minat (seni kain perca, pemain bass, penulisan artikel perihal pantai).
·       Meningkatkan kecerdasan intrapersonal sanggup dilakukan dgn cara sebagai berikut : pilihlah tokoh favorit yg positif, dan baca serta jadikan mereka sebagai mitra imajinasi dalam memecahkan suatu permasalahan yg membutuhkan waktu pemahaman yg dalam, lakukanlah sesuatu yg menyenangkan diri sekurang-kurangnya sekali sehari, luangkan waktu sekitar sepuluh menit setiap sore hari utk meninjau kembali secara mental banyak sekali macam perasaan dan gagasan yg dialami.
·              Metode yg sanggup dipakai utk meningkatkan kecerdasan naturalis antara lain  peliharalah binatang favorit, tingkatkan frekuensi melihat acara-acara mengenai kegiatan tumbuhan dan fauna, (ini yg paling mudah) cobalah utk menahan dari utk tidak merusak  lingkungan, menyerupai mencorat-coret meja, menginjak rumput kantor, memetik bunga yg sedang tumbuh.







= Baca Juga =



DOWNLOAD FILE DIBAWAH INI

Klik Iklan dan Link Download akan terbuka



Demikianlah Artikel Teori Berguru Kecerdasan Ganda

Jangan lupa juga untuk klik iklan berikut untuk terus mendukung keberlangsungan blog ini, Sekian artikel Teori Berguru Kecerdasan Ganda kali ini, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. baiklah, jangan lupa komentar dibawah, beri masukan untuk kami supaya kami tetap semangat dan terus berkarya, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Teori Berguru Kecerdasan Ganda dengan alamat link https://www.bimbelmasukptn.co.id/2008/12/teori-berguru-kecerdasan-ganda.html

0 Response to "Teori Berguru Kecerdasan Ganda"

Posting Komentar